Solusi Tidak Bisa Connect Internet di Android

Apakah anda sekarang lagi mengalami permasalahan tidak bisa connect ke internet di android dan sekarang lagi mencari solusi agar android anda dapat connect ke internet, Android tidak bisa konek ke internet merupakan salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh pengguna smartphone Android.

Solusi Tidak Bisa Connect Internet di Android
Permasalahan Android tidak bisa konek ke internet tentunya sangat menggangu penggunanya, Banyak aktifitas dalam keseharian kita saat ini mengharuskan untuk dapat selalu terhubung ke internet, Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan internet yang begitu pesatnya mampu menggantikan jalur komunikasi yang sebelumnya biasanya kita gunakan seperti SMS, Telepon berpindah menggunakan berbagai Aplikasi sosial media untuk melakukan komunikasi, Sosial media tersebut tentunya menggunakan akses internet.

Jika anda yang mengalami hal tersebut pasti akan merasa jengkel dan sangat terganggu, Jadi bagaimana Solusi Tidak bisa konek ke internet di Android? berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah internet error di Android.

Permasalahan Android tidak bisa konek ke internet merupakan permasalahan umum dialami pengguna Android, Permasalahan tersebut biasanya disebabkan oleh dua faktor. faktor yang menyebabkan Android tidak bisa akses inyernet bisa disebabkan dari Kartu penyedia layanan (Kartu internet) dan Smartphone Anda yang Anda gunakan.

Faktor pertama yang menyebabkan Android tidak bisa konek ke internet bisa jadi disebabkan dari operator penyedia jaringan, Disini kami memberikan contoh pada layanan operator telkomsel, Silahkan lihat disini penyebab kartu internet Telkomsel tidak bisa digunakan. Mengatasi kartu internet Telkomsel tidak bisa digunakan

Sedangkaan untuk faktor penyebab yang kedua, Permasalahan Android tidak bisa konek ke internet dapat juga disebabkan karna kesalahan setelan jaringan di smartphone Android. Cara mengatasi permasalahan yang disebabkan dapat Anda lihat dibawah ini.

Solusi Tidak Bisa Connect Internet di Android yang wajib anda coba.

.
1. Aktifkan Koneksi data Internet
Pastikan koneksi data di ponsel Android Anda sudah di aktifkan, untuk mengakses internet pengguna smartphone android baik itu berbasis tablet harus mengaktifkan Koneksi data untuk dapat mengakses internet. Cara mengaktifkan koneksi data internet di android dapat dilakukan dengan cara masuk ke Menu Setting > Wireless and Network > Mobille Network dan centang Use Packet Data

2. Atur Waktu dan Tanggal
Pastikan pengaturan waktu dan tanggal di smartphone anda sudah benar atau pada pengaturan tanggal setting ke otomatis. Karna pengaturan tanggal dan waktu sangat berpengaruh untuk dapat mengakses internet, Jika pengaturan tanggal dan waktu di smartphone maupun di tablet anda tidak benar, maka sudah dapat dipastikan permasalahan tidak bisa connect ke internet terdapat pada pengaturan waktu dan tanggal di smartphone anda.

3. Setting APN
Pastikan setting APN di Android sudah benar dan sudah sesuai dengan operator yang Anda pakai. Masuk ke Menu Setting – Wireless and Network – Mobile Network – Access Point Name dan pastikan Anda memilih APN yang sesuai dengan operator yang anda gunakan.

4. Matikan atau Restart
Langkah selanjutnya jika android anda masih belum bisa connect ke internet adalah dengan cara me Matikan dan hidupkan kembali smartphone anda atau dengan cara Restart smartphone android atau tablet yang anda gunakan. 

5. Factory Reset atau Kembali ke pengaturan Pabrik
Jika semua cara diatas sudah anda lakukan dengan benar. Langkah selanjutnya adalah melakukan Factory Reset atau mengembalikan data ke pengaturan pabrik, Cara ini sangat ampuh dalam melakukan perbaikan dari kesalahan oleh pengguna seperti Tidak Bisa Connect Internet di Android yang disebabkan oleh pengguna, Cara Factory reset dapat anda lakukan dengan cara masuk ke Menu Aplikasi> Pengaturan> Cadangankan dan reset > Reset data pabrik > Terakhir pilih Reset perangkat.

6. Upgrade OS Android dengan OS (Operasi system) firmware baru
Solusi terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan upgrade OS (Operasi system) Android dengan firmware baru, Dengan melakukan upgrade OS di Android, Android Anda akan akan memiliki OS (Operasi system) baru, Ini merupakan solusi terakhir dan pasti berhasil jika permasalahan bukan dari operator seluler yangAnda gunakan.

Lihat disini cara upgrade OS Android/ Cara Flash Android.
Flash Samsung Galaxy J2 via Odin3 v3.10.7
Flash Advan S5E Pro S12 (LT) V1.1 JB 4.4.2 via Flash Tool
Cara Flash Oppo Neo R831 Tanpa PC
Cara Flashing Asus Zenfone 4 T00I 100% Sukses
Cara Flash Cross A25 Via SP Flash Tool 100% Work
Cara Flash Vivo Y15 Botloop

Smartphone android pengeluaran dari vendor manapun, baik itu dari vendor ternama maupun dai vendor yang belum ternama sekalipun pengguna pasti pernah mengalami permasalahan yang sama Android tidak dapat mengekses internet pada perangkat smartphone maupun tablet seperti Samsung, Sony, Oppo, Advan, Xiaomi, Nokia dll

New update :Untuk mengaktifkan data internet TELKOMSEL tanpa harus melakukan registrasi kartu perdana menggunakan NIK dan KK dapat dilakukan dengan cara DialUp diNo *266*6*2#, Cara ini merupakan cara untuk membuka akses internet kartu perdana baru tanpa harus melakukan registrasi menggunakan NIK dan KK (hanya membuka akses internet, sedangkan untuk melakukan panggilan dan SMS harus menggunakan melakukan registrasi menggunakan NIK dan KK)

Sekianlah Solusi Tidak Bisa Connect Internet di Android yang dapat anda coba, semoga sedikit ulasan ini dapat membantu anda yang lagi membutuhkan dan semoga setelah anda membaca Solusi Tidak Bisa Connect Internet di Android, permasalahan anda dapat teratasi.

40 Responses to "Solusi Tidak Bisa Connect Internet di Android "

  1. Gan... Masalah di smartphone ane ni gini gan... Jadi waktu konesi data dinyalain, eh tidak keluar logo upload download di atas. Dan waktu coba buat browsing jadinya gak bisa. Ane udah coba restart bahkan sampe ngelepas SIM card gan. Tapi tetep gak bisa. Kira-kira ente tau solusinya gimana gak gan? Makasih banget. Sebagai informasi, HP ane itu smartphone android sony experia mini pro gan. Kabari ane kalau ente sudah dapat wangsit yak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,masalahnya sama kayak ane gan. coba dicek dulu gan pulsanya tinggal berapa , jangan sape 0 atau bisa dengan cara yg no 5/6

      Delete
  2. Sony xperia miro sy pun problemx sama dgn agan diatas gk bs on intrnet pdhl data sdh on tp logo intrnet gk keluar2,sy sdh gnti sim card dgn provider lain tp ttp sama bhkn factory reset udh brkli2 tp nihil gk ada perubahan,please klu ada agan2 yg bs kasih solusinya email sy di farhanaziz0177@gmail.com
    Trma ksh n slm knl

    ReplyDelete
  3. Terima kasih solusinya Gan.. hampir 24 jam dibuat pusing gk bisa connect... alhamdulillah kini lancar sejahtera :)

    ReplyDelete
  4. sy bsa masuk ke uc browser tp pas msk opni gagal, tlg solusina

    ReplyDelete
  5. saya mau tanya, hp saya zenfone selfie itu internetnya cuma bisa buat buka app yg sering kita buka ajaa, trus kalo buat buka app yg jarang kita buka itu suka gabisa.. itu gimana yaa? Makasih^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di factory reset atau di hard reset zenfone selfie nya, Jika masalahnya belum terselesaikan, Cara terakhir yaitu dengan flashing atau instal ulang zenfone selfie nya.

      Delete
    2. Factory reset itu artinya hilang semua data ya..

      Delete
  6. gan, mau nanya hp ane lenovo trs kartunya xl.. tp susah konek, bisanya di sim 2 ga bsa sim 1, klo diganti lg jg ttep ga bsa, masuk playstore jg jd ndak bsa.. solusinya gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu dengan cara Factory reset dari menu Pengaturan/ Setelan > Buat cadangan & setel ulang > Reset perangkat > kembalikan ke setelan pabrik > Hapus data

      Delete
  7. hl admin hp sy experia tipo. internetan pk wifi bisa tp knp ya kl pake data tdk bs muncul logo data ya.. mhn solusnts. trimksh

    ReplyDelete
  8. sama gan ane juga.. di hp advan ane sinyalnya H+ tapi gak bisa ngenet gan.. padahal udah direset, setel ulang pabrik, copot sim card, ganti card baru juga gak mempan gan.. mohon bantuannya terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya kami pernah mengalami permasalahan seperti yang agan alami, Kemungkinan permasalaha nya sama, silahkan lihat disini Tidak Ditemukan Koneksi di SONY Xperia

      Delete
  9. Replies
    1. jika semua cara sudah dilakukan dan Android masih mengalami permasalahan tidak bisa konek ke internet, Mungkin anda bisa melakukan flashing, Tapi kami satrankan untuk melakukan reset, Karna lebih aman jika dibandingkan proses flashing Android.

      Delete
  10. Replies
    1. Jika masih tidak bisa konek ke internet, Silahkan lakukan upgrade OS Android, SIlahkan lihat di link atas untuk upgrade OS Android.

      Delete
  11. Apakah sony xperia docomo c6603 tidak support lte?padahal disini tersedia jaringan dan simcard jg support lte

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami sarankan sebaiknya di bawa/diytanyakan langsung ke telkomsel/ Grapari

      Delete
  12. sya juga sm gan, padahal baru bli lenovo a6000, 1 blan wdah ga bsa jalan internetny, truzz jaringan 4glte ny jarang kluar lg....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi ditempat agan jaringan 4G kurang stabil, solusi gunakan jaringan 3G/GSM

      Delete
  13. docomo ane pas dihidupin jaringan datanya, sinyal logo untuk internetnya kok g ada ya gan, mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  14. Gan, hp ane samsung galaxy j2 masalah hp ane ni, klo di ubah ke jaringan 3g kok sinyal ilang ya gan (hanya panggilan darurat), udah ane reset tpi tetep gtu gan, tapi klo di ubah ke jaringan gsm only dia normal gan.. tolong pencerahannya gan, makasih banget gan..

    ReplyDelete
  15. Hp saya Sony Xperia z3 ko ga mw connect internet apa ya penyebab.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya kami pernah mengalami permasalahan Solusi BBM "Tidak Ditemukan Koneksi" di SONY Xperia, Jika permasalahannya sama, silahkan cek disini Solusi BBM "Tidak Ditemukan Koneksi" di SONY Xperia

      Delete
  16. Gan, hp ane gak bisa internetan (line, browsing,dst) tapi keluar logo upload download dan sinyalnya 4G fullbar. Tapi kalo ane pake wifi rumah ato tethering temen bisa. Itu kenapa ya gan dan solusinya gmn? Makasih

    ReplyDelete
  17. hp saya samsung saya hidupdkan data muncul tapi saya pakai jaringan gsm saja bbm terhubung tapi tidak ada notif / bbm . tapi bisa buka app facebook . Kalo saya pakai jaringan cdma saja bisa buka app facebook tapi bbm tidak ada konektivitas . Kalo saya pake cdma/gsm otomatis bbm menyambungkan terus . Gimana caranya supaya baik kembali semuanya gan ?

    ReplyDelete
  18. Gan hp saya oppo mirror 5. Kenapa ya kalau dimasukin 2 sim yang satunya gabisa konek internet selalu menyambungkan. Itu kenapa ya? Terlebih seringnya di sim 2

    ReplyDelete
  19. Kalau hp bb hbs di reset apa bisa kembali spti semula jika dibawa ke grapari?

    ReplyDelete
  20. Misi gan,hp saya xiaomi gan,dari pertama beli gk bisa internet gan,tapi pakai wi fi bisa gan,kitu kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  21. Saya punya hp coolpad A110 wi-fi tidak bisa krn ada tulisan android com wifi wifi terhenti. Bagaimana caranya aktif

    ReplyDelete
  22. Hp saya senfone 3 max, beberapa hari ini, paket data seluler gak mau muncul klo hp gak direstart, terutama dipagi hari. Sulusinya gimana ya?

    ReplyDelete
  23. gan hp aku samsung j2 2015 kok kalau internetan pake mode gsm sja bisa normal.cuma pas masuk mode WCDMA saja tidak, yang muncul hanya panggilan darurat padahal jaringan full, pada udah pernah di install ulang. dan di daerah aku udah suport 3g dan 4g mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  24. gan kenapa di hp oppo saya saat mnghidupkn data petunjuk atas bawah tdk muncul

    ReplyDelete
  25. Hp Experia ane gan dibuat w.a bisa tapi internet gk mau jalan kayak browsing,playstore dll ..
    Tapi kalo ane teatring ke hp lain.. hp lain bisa dipakai internetan
    Solusinya gan

    ReplyDelete
  26. gan hp gw xiamoi 4a internet telkomsel nya ga bisa konek itu gimana ya

    ReplyDelete
  27. Hp himax m3 ..di jaringannya sering muncul tanda seru.. Tp bisa buat smsn sm tlponan.. Cm ga bsa konek k internet.. Udah nyobain airplane..restart..smpe ke pengaturan pabrik jg udah... Masih blm bsa... Pdhal baru diapakai 2 mingguan.. Gimana solusinya ya?

    ReplyDelete
  28. @GITA RAHAYU, permasalahan yg kita hadapi sama... udah ketemu solusi atau belum. mohon berbagi infonya, thank's

    ReplyDelete
  29. mau tanya, saya punya hp oppo,.. internet hp saya tidak konek padahal jaringan nya H+
    kendala di awal setelah menghidupkan hotspot, kemudian setelah dimatikan, jaringan internetnya jg tidak terkoneksi lagi padahal jaringan nya normal (H+) dan paket internetnya pun masih ada, tp tetap tidak bisa di gunakan, apakah ada yang punya solusi??

    ReplyDelete