Mengatasi Kartu Internet Telkomsel tidak bisa digunakan

Solusi cara mengatasi kartu internet Telkomsel tidak bisa digunakan, Kartu internet Telkomsel tidak bisa digunakan pada posting kali ini akan kita bahas yaitu katu paket internet baru (Kartu paket internet Telkomsel  baru dibeli tetapi tidak dapat digunakan).
Mengatasi Kartu Internet Telkomsel tidak bisa digunakan
Banyak kasus kartu paket internet Telkomsel  baru di beli, setelah di pasang ke Android tidak bisa digunakan, tidak bisa digunakan yang kita maksud yaitu tidak bisa buka internet seperti buka Browsing, tidak bisa buka Youtube, Tidak bisa sosmet (seperti BBM, FB, Whatsapp,dll).

Biasanya kartu paket internet Telkomsel yang Anda gunakan disaat data internet sudah diaktifkan tetapi jaringan datanya tidak muncul, dalam keadaan normal akan muncul jaringan data seperti 3G, H, H+, 4G LTE, dll.

Permasalahan kartu internet Telkomsel  tidak bisa buka internet disini ada beberapa penyebabnya, dibawah ini akan kita coba untuk memberikan tips yang dapat Anda lakukan supaya kartu paket internet yang baru saja Anda beli supaya dapat digunakan.

Beberapa analisah dan tips perbaikan kartu internet Telkomsel tidak bisa digunakan yang dapat Anda lakukan berikut ini.

Mengatasi Kartu paket internet Telkomsel tidak bisa digunakan (Kartu internet baru dibeli)

Langkah Pertama

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah melakukan cek kuota internet Telkomsel, Pastikan kartu paket internet Telkomsel yang baru saja Anda beli memiliki kuoata internet, Cara cek kuota internet Telkomsel dapat dilakukan dengan cara ketik *888*3*2# lalu panggil, maka akan muncul sisa kuota internet atau Anda mendapatkan pesan SMS sisa kuota yang Anda miliki, cara cek kuota internet Telkomseldapat juga dilakukan dengan cara ketik sms FLASH INFO kirim ke 3636.

Dalam beberapa kasus kami pernah mendapatkan kartu paket internet Telkomsel belum altif, Belum aktif disini masih berbentuk pulsa, Karna pihak distributor yang mengaktifkan paket internet Telkomsel gagal mengaktifkannya, Lihat juga disini Cara cek kuota internet Telkomsel

Jika kartu paket internet Telkomsel Anda memiliki kuota, Silahkan lanjut ke step kedua

Langkah Kedua

New update : Untuk mengaktifkan data internet tanpa harus melakukan registrasi kartu perdana menggunakan NIK dan KK dapat dilakukan dengan cara DialUp diNo *266*6*2#, Cara ini merupakan cara untuk membuka akses internet kartu perdana baru tanpa harus melakukan registrasi menggunakan NIK dan KK (hanya membuka akses internet, sedangkan untuk melakukan panggilan dan SMS harus menggunakan cara dibawah ini registrasi menggunakan NIK dan KK)

Lakukan registrasi kartu baru sesuai dengan KTP dan KK, Sesuai Peraturan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) No.12 tahun 2016 mewajibkan pengguna kartu ponsel prabayar melakukan registrasi ulang dan registrasi karu baru sesuai dengan KTP dan KK.

Jika Anda tidak melakukan registrasi karu baru  esuai dengan data di KTP dan KK, disaat Anda mengaaktifkan data internet di Android, Data internet tidak akan muncul, tentusaja mengakibarkan kartu Anda tidak dapat mengakses internet.

Cara registrasi kartu baru sesuai No KTP dan No KK yaitu dengan cara
Cara registrasi kartu Telkomsel Simpati, AS dan Loop dapat Anda lakukan dengan cara Dial Up
dengan cara Tekan tombol *444*NomorNIK*NomotKK# Selanjutnya tekan tombol Panggil. dan tunggu konfirmasi pendaftaran kartu Telkomsel Simpati, AS dan Loop Anda telah diterima atau berhasil didaftarkan.

Ketik *4444*NIK*NoKK#
Contoh *4444*2345678902345678*3456789012345678# Selanjutnya tekan tombol Panggil.

Cara registrasi kartu baru sesuai No KTP dan No KK dengan cara ketik SMS
Ketik : REG(spasi)No KTP#NoKK#       Kirim ke 4444
Contoh : REG 1234567890987654#1234567890987654#   Kirim Ke 4444

Lihat disini : Cara Registrasi Kartu Baru Telkomsel Loop Sesuai KTP dan KK

Langkah Ketiga (Sudah tidak berlaku)

Sudah tidak berlaku semenjak keluarnya Peraturan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) No.12 tahun 2016 mewajibkan pengguna kartu ponsel prabayar melakukan registrasi ulang dan registrasi karu baru sesuai dengan KTP dan KK

Verifikasi kartu SIM baru belum aktif (POSID atau ID Outlet) POSID merupakan sebuah kode yang resmi dikeluarkan oleh operator Telkomsel untuk mengaktifkan kartu perdana baru (telkomsel). Kartu perdana baru tentunya harus melakukan registerasi dengan benar, Selanjutnya akan disuruh mengirimkan POSID Sebagai identitas number counter dan nomor konter tersebut sebagai salah satu syarat kartu perdana telkomsel supaya dapat digunakan.

Permasalahan kartu paket internet Telkomsel tidak dapat digunakan dapat disebabkan counter tempat Anda membeli kartu paket internet Telkomsel belum mengirimkan kode POSID, Kode POSID dikirim ke 1818 (POSID 12030096XX kirim ke 1818), Jika kode POSID ini diterima Anda akan mendapatkan balasan SMS dari 1818 Pelanggan Yth, Layanan prabayar Anda telah dapat digunakan, Terima kasih.

Untuk mendapatkan kode POSID Anda dapat mengunjungi counter tempat penjualan pulsa terdekat atau searching di Google no POSID Telkomsel, Setelah Anda mendapatkan No POSID, Silahkan ketik SMS POSID No POSID kirim ke 1818 Contoh : POSID 12030096XX kirim ke 1818

Sisa kuota internet telkomsel masih Ada dan belum digunakan, Kode POSID sudah dikirim dan diterima, Tetapi Anda masih tidak bisa buka internet, Siahkan ikuti step 3 (tiga) dibawah ini.

langkah ke 1 dan 2 diatas berguna untuk memastikan Kartu paket internet Telkomsel baru yang Anda beli tidak bermasalah, Setelah Anda melewati langkah 1 dan 2 diatas jika kartu paket internet Telkomsel masih tidak bisa digunakan, permasalahan tersebut kemungkinan besar terdapat pada setelan smartphone Android yang Anda gunakan, silahkan ikuti step selanjutnya.

Langkah Keempat

Pada langkah ketiga ini kita akan coba cek setelan di Android yang Anda gunakan, Apakah jaringan data yang diaktifkan di Android sudah benar apakah kesalahan terdapat pada setelan kartu internet di Android, Untuk mengatasi permasalahan pada step tiga ini Anda harus masuk ke setelan di Android,

Silahkan ikuti step by step
  1. Masuk ke menu Setelan/Pengaturan
  2. Pilih Jaringan seluler (Untuk No 2 ini ada juga setelannya berada pada Pengelolah SIM,dll)
  3. Pastikan Anda sudah mengaktifkan Data Internet
  4. Pastikan kartu Data Internet yang Anda gunakan menggunakan SIM kartu paket internet Telkomsel yang sama dengan yang Anda masukkan (Jika kartu SIM internet yang Anda masukkan pada SIM 1, Pastikan juga Kartu data internet dipilih pada SIM 1 dan begitu juga sebaliknya) Jika Anda masukkan pada SIM 2, Pastikan juga Kartu data internet dipilih pada SIM 2.
  5. Selanjutnya restart Android dan nyalakan lagi.
  6. Cek buka Browsing, Youtub dan lain sebagainya.

Setelah melewati langkah ketiga ini biasanya kasus seperti pada judul artikel mengatasi kartu paket internet telkomsel tidak bisa digunakan sudah dapat diatasi, Jika permasalahan Anda masih belum dapat teratasi silahkan ikuti step selanjutnya.

Langkah Kelima (Factory Reset)

Setelah sampai pada step tiga Android Anda masih tidak bisa buka internet langkah Keempat yang harus Anda lakukan ialah melakukan Factory Reset, Factory Reset ialah melakukan reset Android ke setelan pabrik, Melakukan factory reset akan menghapus data pengguna Android yang pernah di simpan maupun tersimpan di Android, Lakukan backup data maupun menyain data yang Anda anggap penting.

Factory reset Android dapat dilakukan dengan cara
  1. Masuk ke Setelan/Pengaturan
  2. Scroll kebawah pilih Buat cadangan & Setel ulang (Silahkan cari menu tersebut, Diandroid seperti VIVO letaknya setelah Pengaturan lainnya)
  3. Kembali ke setelan pabrik
  4. Hapus semua
  5. Android akan melakukan restar jika Anda melakukan factory reset (Anda harus menunggu proses tersebut sampai selesai, sampai Android kembali nyala)

Setelah Android kembali nyala, Pastikan setelan pada langkah ketiga sudah benar dan Android Anda sekarang sudah bisa buka internet, Kartu paket internet Telkomsel Anda sudah dapat digunakan, Banyak kasus permasalahan Android tidak bisa buka internet Setelah melewati langkah ke empat ini sudah dapat digunakan kembali.

Sekianlah tips dari kami cara mengatasi kartu paket internet Telkomsel tidak dapat diigunakan, ara ini Adalah cara yang kami gunakan untuk mengatasi permasalahan seperti pada judul artikel ini Mengatasi kartu Internet Telkomsel tidak bisa digunakan.

6 Responses to "Mengatasi Kartu Internet Telkomsel tidak bisa digunakan"