Pengertian Prabayar dan Pascabayar

Beberapa hari yang lalu tetangga datang kerumah dan bertanya kepaada saya apa sich itu artinya Prabayar dan Pascabayar?... Karna anak tetangga saya binggung saat disekolah gurunya menerangkan istilah Prabayar dan Pascabayar PLN yang baru ini, PLN Indonesia meluncurkan produk listrik terbarunya yaitu listrik prabayar dan setelah pulang sekolah nak tetangga bertanya kepada ibunya apa itu prabayar dan pascabayar ?....

Pengertian Prabayar dan Pascabayar

Product prabayar dan pascabayar sebenarnya sudah lama digunakan oleh penyedia jaringan seluler di Indonesia maupun di Dunia, Di indonesia sendiri Telkomsel telah lama menghadirkan dua produk ini, Untuk pascabayar Telkomsel melunculkan produk bernama Kartu Halo, Sedangkan untuk produk prabayar Telkomsel meluncurkan produk Simpati, As, Loop. Begitu juga dengan operator seluler lainnya seperti XL, Indosat, dll.

Dibawah ini kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian prabayar dan pascabayar PLN dan kartu prabayar dan pascabayar dari provider telpon seluler.

Pengertian Prabayar dan Pascabayar.

Prabayar.
Parabayar adalah Pra (sebelum) Bayar Artinya sebelum digunakan harus bayar dulu. Istilah prabayar pada listrik PLN, Prabayar Adalah sebelum menggunakan listrik PLN Anda harus bayar dulu KWH listrik yang akan digunakan, di Indonesia KWH ini disediakan dengan nominal harga 20, 50, 100 ribu dan seterusnya, Jika KWH di meteran listrik Anda kosong, tentunya lampu dirumah tidak dapat nyala, Anda dapat membeli token maupun pulsa listrik untuk dapat menggunakan listrik dari PLN

Sedangkan untuk provider operator seluler prabayar, Anda harus membeli pulsa atau voucher isi ulang untuk dapat menggunakan kartu dari provider penyedia jaringan seluler untuk dapat melakukan penggilan telepon, SMS, Internet dan lain sebagainya.

Pascabayar.
Pascabayar adalah Pasca (Setelah) Bayar Artinya setelah digunakan baru di bayar, Jika kita contohkan pada listrik PLN pascabayar Adalah Anda dapat menggunakan listrik PLN yang telah terhubung ke rumah tanpa harus membayarnya terlebih dahulu, Pembayaran tagihan pemakaian akan dilakukan setelah tanggal atau waktu penggunaan yang telah ditetapkan oleh pihak penyedia layanan.

Sedangkan untuk provider operator seluler Pascabayar adalah dimana pemilik kartu bisa memakai dulu kartunya untuk melakukan panggilan telpon, SMS, Internet dan Pembayaran tagihan pemakaian akan dilakukan setelah tanggal atau waktu penggunaan yang ditetapkan oleh pihak penyedia layanan.

Perbedaan dari kedua product atau jasa yang menggunakan system prabayar dan pascabayar terletak pada proses pembayaran yang dilakukan, Product menggunakan system pascabayar dapat dinikmati terlebih dahulu dan pembayaran dilakukan setelahnya atau sesuai perjanjian pembayaran, Sedangkan product mengunakan system prabayar harus bayar dulu baru dapat dinikmati atau digunakan.

Kesimpulan :  
Prabayar adalah bayar terlebih dahulu barang atau jasa baru dapat dipakai atau digunakan
Pascabayar adalah barang dan jasa dapat dipakai/digunakan terlebih dahulu baru dibayar

Informasi buat Anda pengguna kartu prabayar di Indonesia
Pemberitahuan buat Anda pengguna kartu prabayar telepon seluler di Indonesia, Mulai tanggal 31 Oktober 2017 pemerintah mewajibkan Anda melakukan registerai ulang kartu prabayar.

Peraturan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) No.12 tahun 2016, mulai tanggal 31 Oktober 2017 pemerintah mewajibkan Anda sebagai pelanggan operator seluler prabayar baru dan lama untuk melakukan registrasi nomor kartu SIM untuk melakukan registrasi sesuai dengan data identitas yang tertera di Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Promo gratis buat Anda pengguna kartu Axis kami mengadakan bagi bagi voucher axis setiap hari, Silahkan kunjungi laman bagi bagi voucher internet axis di link Bagi bagi voucher internet Axis AIGO

Lihat di laman ini cara melakukan registerai ulang kartu prabayar, Baik Aada pengguna kartu Telkomsel, XL, AXIS, Indosat, TRI, dan lain sebagainya:

Cara Unreg kartu Simpati As dan Loop
Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar sesuai peraturan Menkominfo No.12 tahun 2016
Cara Registrasi Ulang Kartu Telkomsel Simpati, AS, Loop
Cara Registrasi Ulang Kartu Tri 3
Cara Registrasi Ulang Kartu IM3
Cara Registrasi Ulang Kartu XL
Cara Registrasi Ulang Kartu Axis 
Cara Registrasi Ulang Kartu Smartfren

di Indonesia product atau jasa menggunakan system pembayaran pascabayar, pembayaran dilakukan bulan berikutnya mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 20, Jika melewati tanggal 20 akan dikenakkan sangsi denda.

19 Responses to "Pengertian Prabayar dan Pascabayar"

  1. banyak lho, orang indonesia yang belum tau artinya prabayar dan pascabayar

    ReplyDelete
  2. aku rasa skrang jika nk yg jimat duit, boleh pakai prabayar, prabayar bnyk offer juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku guna prabayar memang banyak offer banding dengan pascabayar. lagipun sekarang ada satu BOOST app senangkan nak topup bagi prabayar.

      Delete
  3. skrg telco prabayar tu pun dah ramai pakai online banking. xde org nak pegi kedai beli tu pin nombor. ataupun pakai apps bayar terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. skarang sudah ada satu app, boleh top up anytime anywhere, ada internet connection dah boleh top up, cuba boost top up app ni, best juga...

      Delete
    2. ya, pakai apps tu dah boleh jadi agent top up, dapat kumpur point lagi kan?

      Delete
  4. prepaid tu x best la, abil je postpaid. bayar auto tiap2 bulan. xplu risau.
    semua telco tu lbg krg je.

    ReplyDelete
    Replies
    1. postpaid kadang kadang ada hidden charge, kena tgk baik baik receipt tu juga, ish, kadang kadang tak dapat control jika lebih pakai lagi...

      Delete
  5. baru jumpa boost top up app ni, kawan saya introduce bagi aku, dia x pakai prepaid, haiz....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau download dan register sekarang terus dapat RM 8 dari BOOST app. setiap kali topup tu dapat je bonus.

      Delete
  6. wa, mmng best la app boost up ni, bleh kumpur point sms reload pin, lepas tu bleh redeem steam, lucky aku ada main dota 2, boleh beli equipment dah, kakakakaka

    ReplyDelete
  7. Boost top up ni boleh kongsi credit anda kepada rakan atau ahli keluarga secara percuma .

    ReplyDelete
  8. Istlahnya sudah salah kaprah besar-besaran...
    Harusnya bukan pra bayar, tapi pra pakai..
    Dan harusnya juga bukan pasca bayar, tapi pasca pakai!

    ReplyDelete
  9. ya jadinya kita bingung, kita gk bisa kontrol pemakain kalau pasca bayar wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Tiap bulananya harus bayar...

    ReplyDelete
  11. Tiap bulannya harus bayar...

    ReplyDelete