Maksud Tanda Jaringan E, G, H, dan 3G pada Android atau Smartphone

Buat anda pengguna Android,Jaringan 3G sangat dibutuhkan untuk dapat mengakses internet dengan lancar dan nyaman.terkadang tidak selamanya sinyal ini tersedia.Terkadang icon dekat sinyal di pojok kiri atas Android berubah-ubah, Kadang G, E, 3G, dan H. Apa maksud dari icon di dekat sinyal tersebut? Adakah maksud atau arti dari G, E, 3G, dan H. 


Berikut Maksud Tanda Jaringan E, G, H, dan 3G pada Android dan Smartphone
 G atau GPRS
Ini merupakan standar jaringan untuk smartphone Android. Jaringan ini menggunakan teknologi 2G (2.5G) kecepatan transfer datanya maksimal 50 kbit/s

E atau EDGE
Jaringan ini berada satu level dengan GPRS karena sama-sama menggunakan 2G (2.75G). Namun, kecepatannya lebih baik dari pada GPRS meskipun terbilang masih lambat. Kecepatan transfer datanya 250 kbit/s maksimal.

3G atau UMTS
Jaringan ini data bisa dikirim lebih cepat dan ringan. Teknologi UMTS sendiri mampu mengirimkan data dengan kecepatan paling sedikit 200 kbit/s.

H atau HSPA
HSPA merupakan hasil modifikasi dari teknologi 3G yang kebanyakan dioperasikan pada pita 2.100 MHz. Lewat teknologi ini data bisa dikirim dengan kecepatan hingga 14,4 Mbp/s.

H+ atau HSPA+
HSPA+ juga merupakan revisi terbaru dari HSPA yang mampu meningkatkan kemampuan transfer data. Lewat jaringan ini, data bisa dikirim hingga kecepatan 168 Mbit/s.

4G atau LTE
Ini adalah teknologi jaringan terbaru yang tidak dimiliki oleh semua smartphone. Dengan jaringan ini, data bisa dikirim dengan kecepatan maksimal 1 Gbp/s.

Kecepatan data di atas dihitung pada saat lalulintas jaringan data masih kosong. Pada penerapannya, kecepatan transfer data tidak akan mencapai angka maksimal karena banyaknya pengguna mengakses dalam jaringan tersebut.

1 Response to "Maksud Tanda Jaringan E, G, H, dan 3G pada Android atau Smartphone"

  1. Jadi, yang membuat sinyal itu berubah - ubah apa??? Misalnya biasanya H, sekarng jadi E, atau karena bnyaknya pengguna lain.

    ReplyDelete