Solusi Android Hang Logo,Botloop Setelah Flash

Kenapa Android  saya masih hang logo setelah di instal???......Padahal Android telah di instal menggunakan firmware baru, Proses flash Android menggunakan firmware baru telah sukses dan berhasil, Tetapi saat dinyalakan Android masih hang logo maupun botloop (muncul logo matolagi dan begitu seterusnya)

Solusi Android Hang Logo,Botloop Setelah Flash

Inilah permasalhan sering kali kami jumpai pada komentar di blog repairsponsel.com dan berbagai blog tutorial cara flash Android di internet, Android setelah proses flash Android berhasil, Androidmasih mengalami permasalahan yang sama atau muncul permasalahan yang baru seperti Android malah mati total, Androidbotloop (Android saat dinyalakan malah restart terus menerus) dan masih banyak permasalahan lainnya.

Beberapa paktor yang dapat menyebabkan permasalahan Android hang setelah di instal, diantaranya firmware yang digunakan untuk flash (Instal Android) tidak cocok dengan versi OS yang digunakan di Android.

Penyeban Android hang logo setelah di instal.

Android hang logo dapat disebabkan salah memilih frmware (Firmware tidak cocok).

Sebagai gambaran kita ambil contoh pada pada kasus flash ASUS ZenFone, Sebelum melakukan flash Asus Zenfone Anda diwajibkan untuk mengetahui Veri OS yang digunakan di Asus Zenfone, Firmware Asus Zenfone memiliki beberapa SKU (Seri firmware) yang wajib Anda samakan dengan firmware yang digunakan di Asus Zenfone, Beberapa seri firmware tersebut diantaranya : WW. TW, CHT, CN, CUCCV dan lain sebagainya.

Jika Anda melakukan flash Asus Zenfone menggunakan firmware TW, Sedangkan Asus Zenfone Anda memiliki SKU dengan seri WW, Proses fllash Asus Zenfone akan mengalami kegagalan, Jika Anda mlakukan flash via ADB Fastboot tool, disana anda akan melihat proses sending 100% complete, Akan tetapi proses instal di Asus Zenfone akan mengalami kegagalan, Jika Asus Zenfone dinyalakan hanya akan muncul logo ASUS saja.

Untuk flash Asus Zenfone bukan hanya SKU yang harus di perhatikan, Akan tetapi versi OS harus ikut diperhatikan, Jika Asus Zenfone menggunakan firmware Kitkat, Sebaiknya gunakan firmware OS versi Kitkat, tentunya untuk menghindari permasalahan Android masih hang logo setelah di di instal, Lihat disini tutorial lengkap Cara flash Asus Zenfone 5 Botloop

Sedangkan untuk flash Samsung Galaxy menggunakan firmware baru cukup mudah didapatkan dan memilih firmwarenya tidaklah sesulit memilih firmware Asus Zenfone, Firmware Samsung Galaxy sebaiknya gunakan firmware official yang dapat di download dari sammobile, cara download firmware Samsung Galaxy dapat Anda lihat di laman ini : Cara download firmware Samsung Galaxy di sammobile,

Pertanya yang sering ditanyakan tentang firmware Samsung Galaxy : Saya menggunakan Samsung Galaxy J1 J100H, Apakah firmware Samsung Galaxy J1 J100F dapat saya gunakan???....... Jika Anda menggunakan Samsung galaxy dengan kode product seperti J100H Anda dapat juga menggunakan J100F, maupun kode lainnya seperti kode F, H, M, N, U, W, dll, Kode tersebut merupakan kode wiilayah.

Sebagai contoh : Anda menggunakan Samsung Galaxy S8 G950FD, Selanjutnya Anda melakukan flash (instal) Samsung Galaxy S8 via Odin menggunakan firmware Samsung Galaxy S8 G950FD, Untuk bahasa yang akan digunakan di Samsung Galaxy S8 sudah tersedia pilihan bahasa Indonesia didalamnya yang dapat Anda gunakan untuk bahasa di Samsung Galaxy S8, Sedangkan jika Anda flash Samsung Galaxy S8 menggunakan firmware G950N, Untuk bahasa yang akan digunakan di Samsung Galaxy S8 Anda tidak akan menemukan piilhan bahasa Indonesia.

Kesimpulan : Pastikan firmware yang Anda gunakan untuk flash Android menggunakan firmware yang sesuai dengan Android dan Versi firmware Android yang Anda gunakan.

Flash Android menggunakan firmware Custom ROM

Mungkin Anda pernah mendengar istilah custom ROM, custom ROM merupakan sistem operasi Android yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Custom ROM merupakan sebuah firmware alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti firmware bawaan smartphone Android yang dikembangkan oleh developer pihak ketiga.

Flash Android menggunakan firmware Custom ROM ini masih berkaitan erat dengan pembahasan salah memilih frmware (Firmware tidak cocok), Banyak tutorial cara flash Android yang Anda temukan di berbagai blog tentang caara flash Android menggunakan SP Flash Tool, Setelah Anda melakukan flash Android via SP Flash Tool Android Hang logo, Android Botloop, Android mati total.

Permasalahan tersebut disebabkan firmware tidak cocok dengan firmware Android yang Anda gunakan, Sebuah kasus yang dapat pernah kami alami Advan botloop, Serching di internet menemukan sebuah blog tutorial cara flash Android botloop, Selanjutnya Advan di flash menggunakan firmware dari blog tersebut, Setelah selesai flash atau Instal ulang menggunakan firmware dari blog tutorial di internet tersebu Advan masih botloop, Advan  hang logo atau Advan mati total.

Jika kami mengalami permasalahan seperti di atas, Android masih botloop, hang logo atau mati total setelah flash via Sp Flash Tool, Kami akan mencari beberapa file lagi dan akan melakukan flash Android tersebut, Sampai Android kembali nyala, Kesabaran adalah kunci keberhasilan.

Jangan menyerah dengan satu kali flash saja, Lakukan beberapa kali flash menggunakan berbagai firmware Android yang sama dengan Android yang Anda gunakan.

Perlu diperhatikan : Lihat juga pada kolom komentar laman tutorial blog yang memberikan cara flash Android, Pada laman komentar Anda dapat membuat sebuah kesimpulan Apakah tutorial tersebut benar dapat mengatasi permasalahan Android yang Anda gunakan, Jika sebelumnya ada yang mencoba tutorial tesebut tentunya akan ada komentar tentang tutorial flash Android di blog tersebut.

Di laman komentar Anda akan mengetahui apakah file firmware yang dibagikan terproteksi password, Firmware tidak akan dapat digunakan karna terproteksi password, Sedangkan pada tutorial tidak dilengkapi password file.

Selama ini kami mendapatkan permasalahan Android hang logo setelah di flash banyak disebabkan faktor firmware, Karna firmware tidak cocok dengan versi OS Android yang di gunakan di Android yang akan di flash, Teliti dalam memilih file firmware dan kesabaran menjadi kunci keberhasilan proses flash.

Lakukan wipe data / Factory reset dan wipe cache setelah flash Android.

Setelah di flash Android masih hang logo, Sedangkan firmware yang digunakan untuk flash Android sudah OK, lakukanlah wipe data/factory reset dan wipe cache partition dari menu recovery mode di Android  Lihat disini Cara masuk ke menu recovery Android.

dalam beberapa kasus flash Android kami pernah mendapatkan kasus seperti ini, Seperti pada flash Advan S4E, Setelah proses flash Advan S4E selesai, saat dinyalakan akan mengalami permasalahan Advan S4E hang logo, tetapi setelah di hard reset Advan S4E kembali nyala dengan normal, Sebaiknya lakukan hard reset setelah proses flash.

Penyebab Android hang logo setelah di flash IC eMMC bermasalah.

Jika Android mengalami kerusakan pada IC eMMC nya, Proses flash tisak akan dapat memulihkan Android hang logo, Untuk mengatasi permasalahan seperti itu tentunya harus mengganti IC eMMC nya menggunakan IC eMMC yang baru.

IC eMMC memiliki fungsi sebagai media penyimpanan yang dilengkapi dengan controller yang dapat mengatur perangkat itu sendiri, Jika IC eMMC yang rusak atau lemah akan menimbulkan gejala kerusakan pada software Android.

Tanda tanda dan Gejala kerusakan pada IC eMMC Android

1). Wipe/Factory Reset Android Gagal → Tidak dapat melakukan wipe data/ factory reset, Melakukan wipe data factory reset selalu gagal, Jika berhasil Android masih seperti kondisi sebelumnya, Permasalahan seperti ini sering kali kami jumpai di Android Oppo.

2). Proses Flash Gagal → Android gagal saat di flash, Jika proses flash Android berhasil, Android masih hang logo, Android hanya bergetar, Android mati total, dll.

3). BROM ERROR: S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069) →→Muncul notifikasi BROM ERROR: S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069) disaat melakukan flash Android, permasalahan BROM ERROR: S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069) kami jumpai disaat flash Android menggunakan software flash SP Flash Tool.

4). Upgrade OS Android Gagal → Permasalahan yang sama disaat Anda melakukan flash Android menggunakan firmware baru, Permasalahan yang disebabkan IC eMMC rusak.

5). Tidak Bisa Install Aplikasi → Android masih dapat digunakan akan tetapi tidak dapat menginstal Aplikasi maupun Game.

6). Android hanya Bergetar Setela di Flash → Setelah proses flash selesai, Android hanya bergetar saja..

7). Android sering mengalami Hang, Blank → Android saat digunakan sering mengalami hang, Blank, Loading sangat lama dari biasanya, dan lain sebagainya.

8). Muncul Notifikasi Sayangnya Aplikasi Telah Terhenti → Permasalahan seperti ini bisanya dapat diatasi dengan cara flash Android menggunakan firmware baru, Setelah proses flash Android berhasil, Permasalahan sayangnya aplikasi telah terhenti masih sama, kasus seperti ini sebelumnya pernah kami jumpai di Oppo pin Mouse.

Beberapa penyebab Android hang logo setelah di flash menggunakan firmware baru yang kami tulis diatas ini merupakan pengalaman penulis sendiri dalam keseharian melakukan perbaikan di smartphone Android.

Kunci keberhasilan melakukan flash Android tergantung dari ketelitian memilih firmware yang digunakan untuk flash Android dan Kesabaran kunci kesuksesan, Komentar Anda kami tampung disini dan akan kami jadikan pelengkap artikel yang berjudul Solusi Android hang logo, botloop setelah di flash (Instal)

0 Response to "Solusi Android Hang Logo,Botloop Setelah Flash"

Post a Comment