Saat nelpon suara tidak dapat didengar oleh penerima telepon

Pernahkah Anda mengalami permasalahan seperti disaat nelpon suara Anda tidak dapat didengar oleh penerima telpon, Walaupun kita sudah berteriak sangat keras akan tetapi penerima telpon hanya bilang Haloo, Halo, Halooooo........ dan langsung mematikan panggilan telpon Anda atau membiarkan panggilan telepon begitu saja.


Suara saat nelpon tidak dapat didengar oleh penerima telepon itu disebabkan karna microphone pada ponsel mengalami kerusakan, Kerusakan microphone pada ponsel menyebabkan suara kita tidak dapat didengar oleh lawan bicara, Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengganti microphone pada ponsel, jika kerusakan pada microphone ponsel tersebut.

Penyebab kerusakan microphone pada ponsel.

Kerusakan microphone pada ponsel biasanya disebabkan karna ponsel masuk kedalam air atau Jika Anda perhatikan pada posisi microphone pada ponsel selalu terdapat lobang kecil yang berguna untuk mengantarkan suara ke microphone dengan baik, Keringat atau air dapar merembes masuk melalui lobang kecil tersebut yang biasaanya terdapat pada body kesing pada ponsel.

Jika Anda berkeringat saat melakukan panggilan sebaiknya di bersihkan dahulu keringat Anda supaya keringat tidak mengenai microphone pada ponsel yang dapat menyebabkan kerusakan yang berakibat suara tidak dapat didengar oleh penerima telpon.

Cara mengganti microphone pada ponsel.

Buat Anda yang mengalami kerusakan microphone pada ponsel dan ingin melakukan perbaikan dapat dilakukan dengan cara mengganti microphone pada ponsel dengan seri atau mode microphone yang sama, Misalkan Anda mengganti microphone yang umum digunakan yaitu bentuk bulat dengan dua kaki positif dan negatif dapat dilakukan dengan menganti dengan microphone yang sama.

Menganti microphone pada ponsel dapat dibilang sangat mudah untuk microphone seperti pada Nokia 1202 karna memang microphone pada Nokia 1202 tidak menggunakan solder dan dapat ditempelkan pada body Nokia 1202 dan langsung dapat digunakan.

Tapi bagai mana dengan Nokia 1280 dan sejenisnya yang memiliki microphone yang menempel pada PCB di Nokia 1280, Untuk mengganti microphone pda Nokia 1280 dapat dilakukan dengan cara melepaskan microphone pada PCB Nokia 1280 menggunakan Solder Uap / Hot Air dan mengganti microphone dengan model yang sama atau menggunakan microphone dengan model yang sama yang memiliki kabel positif dan negatif yang banyak digunakan pada ponsel keluaran china.

Kerusakan microphone pada ponsel bukan karna microphone yang rusak

Suara tidak dapat didengar oleh lawan bicara saat melakukan panggilan dapat juga disebabkan jalur microphone terputus sehinggan microphone pada ponsel tidak dapat berfungsi dengan normal, Jika sebelumnya Anda sudah mengganti microphone pada ponsel dan masih mengalami permasalahan yang sama, kemungkinan kerusakan bukan pada microphone pada ponsel, Tetapi disebabkan jalur microphone terputus.

Untuk mengetahui jalur microphone masih berfungsi dengan baik dapat dilakukan pengujian menggunakan multiteter, Cara menguji microphone menggunakan multi tester Anda harus terlebih dahulu mengerti tentang jalur pada ponsel, Jalur positif masukknya kemana dan begitu juga dengan jalur negatip paada microphone pada ponsel.

Untuk membaca jalur pada ponsel dapat menggunakan schematics. Atau Anda dapat melakukan searching di google, karna memang banyak sekali blogger yang selalu memposting cara melakukan perbaikkan kerusakan pada ponsel seperti pada microphone.

Anda dapat mengetikan kata kunci seperti Nokia 1280 Mic Solution pada google search image, Maka Anda dapat melihat beberapa hasil tentang cara mengatasi microphone pada Nokia 1280.

Sekianlah ulasan singkat tentang cara mengatasi kerusakana pada microphone ponsel, Selamat mencoba.

15 Responses to "Saat nelpon suara tidak dapat didengar oleh penerima telepon"

  1. Klw hp oppo f1s gmna t gan... Mhon bntuan nya ya gan

    ReplyDelete
  2. Selain masalah itu kira-kira penyebabnya apa yA?

    ReplyDelete
  3. betul sekali min kdang kerusakan dari microphone suka mengganggu

    ReplyDelete
  4. Gan hp gw xiaomi redmi 4a. Kalau mau telp lawan bicara ngak bisa denger suara saya akan tetapi setelah saya tes coba untuk rekam suara saya, ternyata bisa. Masalahnya dimna itu gan mohon pencerahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin jaringan kartu simnya gan saya coba telpon pakai hp 2 pakai tri gk kedengeran baru simpati langsung jelas

      Delete
    2. Sama gan buat rekam bisa buat telfon biasa bisa tetapi jika di loudspeaker lawan tidak bisa dengar suara kita kenapa ya ?

      Delete
  5. Gan hp saya sony Xperia M4 pada saat panggilan berlangsung bisa didengar yp pada saat panggilan di loudspeaker mendadak tidak terdengar oleh sipenerima telepon, mohon bantuannya gan tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy jg sama seperti itu gan,udh tau blm caranya gan ? Help

      Delete
  6. Sy punya masalah pada hp android sm j3306/DS jikalau sy telpon suara saya tidak bisa dengar oleh penerima telpon itu gi mana?

    ReplyDelete
  7. Hape saya Oppo S7 ..beberapa hari ini kalau nelpon ke sesama XL ..suara lawan bicara saya timbul tenggelam ..apakah penyebabnya ?dr hp saya kah atau gangguan sinyal jaringan XL? Mhn bantuannya ..terima kasih

    ReplyDelete
  8. Hp saya samsung j3 pro,suara dihp saya tidak terdengar oleh penerima,apa sebabnya mohon informasinya,.

    ReplyDelete