Sukses Ganti Mode Huwai E303 HiLink Menjadi Mobile Partner

Setelah sukses ganti mode pada modem huwai E303, Kali ini saya ingin berbagi buat anda yang ingin mengganti mode pada Huwai E303 HiLink Menjadi Mobile Partner, Sebelum anda ganti modem e303 hilink menjadi Mobile Partner silahkan download beberapa bahan yang dibutuhkan.

Bahan yang dibutuhkan
1. Mobile Partner
2. Firmware Huwai E303 Update_21.157.62.00.203.B757
3. Dasbot E303 UTPS23.009.09.02.910
4. Universal Master Code jika dibutuhkan mengetahui kode flash modem kita ketika meminta password saat update frimeware

Cara Ganti Mode Huwai E303 HiLink Menjadi Mobile Partner

  • Instal software Mobile Partner yang anda download tadi, jika di komputer anda sudah terinstal Mobile Partner di uninstal saja dan instal ulang Mobile Partner yang anda download.
  • Selanjutnya edit file ewser2k yang berada di direktori C:\Program Files\Mobile Partner\Driver\Driver\X86.
  • Buka dan edit file ewser2k yang berada di C:\Program Files\Mobile Partner\Driver\Driver\X86, menggunakan notepad dengan cara klik kanan pada file ewser2k -> Open With..-> Notepad -> OK,selanjutnya cari kode ini.

%QcomDevice01% = QportInstall01, USB\VID_12d1&PID_143E&MI_02
Selanjutnya tambahkan kode dibawah ini tepat dibawah kode diatas, Silahkan lihat gambar dibawah ini cara penempatan kode nya, Setelah itu di Save
%QcomDevice01% = QportInstall01, USB\VID_12d1&PID_1442&MI_00
%QcomDevice00% = QportInstall00, USB\VID_12d1&PID_1442&MI_01

  • Semudian colokkan modem Huwai E303 ke Komputer/ laptop
  • Jalankan autorun-nya, kemudian buka alamat ini pada browser http://192.168.1.1/html/switchProjectMode.html Kompter Anda akan mendeteksi device baru
  • Selanjutnya buka Device Manager dengan cara Start -> Klik kanan pada menu Computer -> Properties -> Device Manager. akan terlihat modem hlink yang drevernya belum di temukan seperti gambar dibawah ini.
  •  Klik kanan pada Huawei Hilink yang berwarna kuning untuk update driver Huwai E303 di komputer -> Update Drever Software -> Browse My Computer for driver software -> Arahkan browse ke Mobile Partner terinstal di C:/Proram Piles/Mobile Partner/Driver/Driver. kemudian klik Next
  • Tunggu proses insalasi driver Huwai E303 di komputer sampai selesai.
  •  Setelah kedua Driver Huawei Hilink yang berwarna kuning diatas anda update maka akan muncul port modem di device manager
  •  Masuk ke proses selanjutnya yaitu nelakukan flash modem Huwai E303 menggunakan Firmware Huwai E303 Update_21.157.62.00.203.B757 yang sudah anda download tadi.
  •  Jika saat flash frimeware meminta pasword, Buka aplikasi Universal Master Code untuk mengetahui kode flash pada modem
  • Buka aplikasi Universal Master Code -> klik menu huawei -> Masukkan IMEI -> biarkan autoselect kemudian klik Calculate, -> Masukkan kode flash ke password yang diminta, pastikan proses flash pada modem anda berhasil
  • Setelah proses flash modem anda selesai langsung lanjut ke tahap berikutnya yaitu, jalankan Dasbot E303 UTPS23.009.09.02.910 yang sudah di download tadi, pastikan update Dasbot E303 UTPS23.009.09.02.910 berhasil, jika gagal saat update Dasbot jangan lepaskan modem anda dan coba ulangi lagi update dasbot
  • Pengalaman saya saat update dasbot pernah gagal saat update dasbot yang pertama dan saya ulangi lagi tanpa mencabut USB Modem Huwai E303 dan berhasil.
  • Setelah Update Dasbot berhasil sekarang restar komputer anda dan pasang modem Huwai E303.
  • Sekarang modem Huwai E303 anda sudah berubah menjadi Mobile Patner 

Note :
  1. Pastikan prose flash Firmware Huwai E303 Update_21.157.62.00.203.B757 pada modem anda berhasil
  2. Jangan mencabut modem dari ports USB di komputer setelah proses flash berhasil dan pastikan anda lanjutkan ke prosas update Dasbot E303 UTPS23.009.09.02.910
  3. Jika driver anda tidak terdeteksi setelah proses flash, colokkan modem anda ke ports USB yang lainnya di komputer anda, akan ada proses update driver huwai tunggu sampai selesai dan pastikan pada Device Manager ports (COM & LPT) terdeteksi, Setelah terdeteksi langsung buka Dasbot E303 UTPS23.009.09.02.910 dan lakukan update pada modem anda sampai berhasil.

Jika semua tahapan yang diatas anda lalui dengan benar, modem anda sekarang sudah berada pada mode Mobile Partner, dan sudah bisa digunakan untuk akses internet baik itu dengan menggunakan SSH.

21 Responses to "Sukses Ganti Mode Huwai E303 HiLink Menjadi Mobile Partner"

  1. Update driver sofwarenya gak bisa gimana nih
    Can't find katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kuti dan baca dengan teliti cara Ganti Mode Huwai E303 HiLink Menjadi Mobile Partner, Cara ini sudah kami tested dan 100% berhasil dan jangan lupa Anda harus sabar.

      Delete
  2. Mas, kalo huawei hilink e 3372 ke mobile partner bisakah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti huawei hilink e 3372 ke mobile partner kemungkinan bisa, tetapi tentu saja dengan firmware yang sama dengan huawei hilink e 3372 yang mas gunakan.

      Delete
  3. Mas, jika modem E303 hilink telah sukses ke mobile partner. modem tersebut bisa dipakai ke router sharing dock R01 huawei kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. modem tersebut bisa dipakai ke router sharing dock R01 huawei kah? saya kagak ngerti maksudnya mas.

      Disini kami menggunakan mode E3030 untuk konek ke internet dan dapat juga digunakan untuk hotspot.

      Sebelumnya mode modem e303 hilink sekarang sudah menjadi Mobile Partner Dial up

      Delete
  4. untuk buat hotspot pribadi dengan router huawei sharing dock R01 prlu menggunakan modem huawei yg biasa menggunakan mobile partner.
    nah klo modem hilink yg telah di rubah ke mobile partner ini bisa kah dpakai ke sharing dock huawei. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada software mobile partner sudah disediakan wifi hotspot versi beta dan dapat langsung digunakan untuk hotspot.

      Disini kami memiliki modem Huawei E303 dan sudah kami test dan dapat digunakan.

      Delete
    2. wuhh lumayan tu gan ijin nyobak yak gan thanks

      Delete
  5. sederhananya, apakah modem yg sudah dirubah dri hilink ke mode mobile partner dapat digunakan juga di laptop/pc lain yang tidak dilakukan modifikasi driver/aplikasi mobile partner.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah modem yg sudah dirubah dri hilink ke mode mobile partner dapat digunakan juga di laptop/pc lain yang tidak dilakukan modifikasi driver/aplikasi mobile partner.? Bisa digunakan di semua pc, Seperti pada umum nya modem akan melakukan instal software di PC lain.

      Delete
    2. Trimakasih mas sebelumnya untuk info diatas sya coba dan tlah berhasil merubah modem trsbut mnjadi mobile partner, nmun setelahnya bbrpa menit brjalan ad problem koneksinya putus dan pda aplikasi mobile partner terdapat info "NoService" (lampu indikator modem hanya berkelip2 warna hijau) saya coba lepas dan pasang kembali modemnya dengan kartu yg berbeda (3 & Tlkmsl) ttap dpt info no service.
      Mohon pencerahannya mas untuk case diatas. trima kasih

      Delete
    3. Permasalahan seperti yang mas alami kami belum pernah mendapatkannya dan tentunya kami tidak dapat memberikan solusi yang pasti.

      Saran dari kami yang mungkin dapat mas coba

      1. Instal ulang software Mobile partner di komputer.
      2. Gunakan mode GSM atau CDMA saja untuk memastikan apakah jaringan GSM/ CDMA bermasalah.

      Delete
  6. Bro gua mo crht. Knp stlh gnti ke versi mobilepartner ada pnurunan kualitas sgnal y. Atasi ny gmn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disini kami tidak mengalami permasalahan demikian, Mengganti mode HiLink Menjadi Mobile Partner tidak akan mempengaruhi ke sinyal modem. HiLink dan Mobile Partner itu adalah software supaya modem bisa connect ke internet.

      Delete
  7. Modem punyaku merknya vodafone tapi jenisnya huawei k3773. Bisa dirubah mode mobile partner jg gan?

    ReplyDelete
  8. mas punya saya kok gak bisa ke http://192.168.1.1/html/switchProjectMode.html langsung ke halaman utama modem lagi , trus gk ada deteksi baru device, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  9. punya ane kok Update driver sofwarenya gak bisa gimana nih
    Can't find katanya gimana yah,, padahal dah ngikuti tutor

    ReplyDelete
  10. gan saya gagal pas update freeware kan pake kode trs saya grnate kode pake aplikasi yg guna n imei trs malah modem ga k baca update gagal mohon solusi nya gan

    ReplyDelete
  11. Thanks Gan saya succes Ganti Hilink Ke Mode Mobile Partner ,,, Walaupun ada masalah Di bagian Drivernya.,. Thanks Gan

    ReplyDelete