Cara Mempercepat Proses Booting Di Android

Pernakah anda mengalami proses booting pada smartphone Android yang sangat lama saat anda dinyalakan, jika anda perhatikan di saat ponsel anda baru dinyalakan akan muncul notifikasi status Media scanner is running dan android anda bisa digunakan setelah proses itu selesai. Sebenernya proses Media scanner is running adalah proses scaning untuk mencari file music, gambar, video untuk katalog di Gallery, Music Player, dll. Semakin besar kapasitas SDcard yang anda gunakan dan semakin banyak file yang anda simpan akan semakin lama proses scanningnya akan berjalan.
Sebenarnya untuk mempersingkat proses ini bisa anda gunakan sebuah aplikasi untuk mempercepat proses booting ponsel yang bernama Rescan Media Root. Namun perlu diingat bahwa aplikasi ini membutuhkan hak akses ke system ponsel sehingga ponsel android anda harus sudah dalam keadaan di root. Untuk mendownloadnya, anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play.

Tips mempercepat proses booting android

  1. Silahkan Download dan Install Rescan Media Root, Link download disini Rescan Media Root atau Bisa anda download di Google Play.
  2. Aktifkan USB Debugging android anda dengan cara menuju ke Settings -> Applications -> Development. Silakan centang USB Debugging 
  3. Buka aplikasi Rescan Media Root, lalu pilih Disable Media Scanner. 
  4. Tutup aplikasi tersebut dan restart ponsel anda. 

Apabila anda tidak menemukan file di Gallery, Music atau sejenisnya dan muncul tulisan No items, buka kembali Rescan Media Root dan proses scanning akan otomatis berjalan, jika masih tidak muncul file anda, silahkan Buka aplikasi Rescan Media Root, lalu pilih enable Media Scanner.

0 Response to "Cara Mempercepat Proses Booting Di Android"

Post a Comment