Mengatasi Android Melakukan Panggilan Layar Gelap

Cara mengatasi Android saat melakukan panggilan layar gelap (hitam), Permasalahan seperti ini muncul disaat Android melakukan panggilan maupun menerima panggilan telepon, Layar Android menjadi gelap dan tidak dapat mematikan panggilan, Permasalahan layar gelap saat melakukan panggilan atau menerima panggilan ini pernah kami jumpai di Android Samsung, Advan, Sony Xperia.

Solusi Samsung dan Android Melakukan Panggilan Layar Mati atau Blank Hitam

Ketiga Android dengan beda merek tersebut penyebab permasalahannya sama, yaitu disebabkan sensor proximity mengalami kerusakan, sehingga menyebabkan layar gelap, Sensor ini merupakan sensor jarak yang dimiliki oleh smartphone Android, Sensor jarak yang digunakan ketika sedang melakukan panggilan.

disaat Anda melakukan panggilan tentunya Anda akan mendekatkan perangkat Android ke telinga dan ketika sensor proximity mendeteksi bahwa ada objek yang mendekat maka fungsi layar Android secara otomatis dimatikan, Dengan tujuan untuk menghindari kesalahan input pada layar sentuh Android , di saat Anda akan mengakhiri panggilan, Smartphone Android tentunya akan Anda jauhkan dari telinga, Untuk mengakhiri panggilan telepon, Sensor proximity di Android akan mendeteksi bahwa objek telah menjauh, layar Android akan kembali dinyalakan.

disinilah permasalahan terjadi, sensor proximity tidak dapat mendeteksi objek telah menjauh dari smartphone Android Anda dan layar Android tetap gelap atau tidak berfungsi.

Buat ada yang punya permasalahan pada Android, layar Android  gelap saat melakukan panggilan, Pada artikel ini kami memberikan contoh pada Samsung Galaxy young disaat melakukan panggilan layar telepon langsung gelap atau "Blank" akan tetapi panggilan masih tetap masuk ke tujuan yang dipanggil.

Sebelumnya kami pernah mencoba mengatasi permasalahan di Samsung Galaxy young ini dengan cara Instal ulang atau flash, Hard reset, Factory reset Samsung Galaxy young ke pengaturan pabrik permasalahan masih belum teratasi, karna parmasalahan ini disebabkan sensor proximity mengalami kerusakan atau sensor proximity mengalami gangguan, untuk mengatasinya yatu dengan cara menonaktifkan sensor proximity.

Cara nonaktifkan sensor proximity di Android (Samsung Galaxy young)

  1. Masuk ke Menu Setelan atau Pengaturan
  2. Pilih Pengaturan Panggilan
  3. Masuk ke "Pengaturan Tambahan"
  4. Hilangkan tanda Centang atau ceklist pada "Sensor proximini" untuk Non Aktifkan Sensor proximini
  5. Selesai

Prmasalahan yang sama pernah terjadi pada Advan vandroid dan Sony Xperia layar gelap disaat melakukan panggilan, Setelah di cek dari menu setelan di Advan dan Sony Xperia Kami tidak dapat menemukan setelan sensor proximity, Untuk mengatasi permasalahan tersebut kami melepaskan sensor proximity dari PCB Advan dan Sony Xperia.

Semoga artikel kali ini dapat membantu Android Anda kembali normal disaat melakukan panggilan dan jika sebelumnya Android layar gelap disaat melakukan panggilan, Semoga saja Android yang Anda gunakan sudah kembali normal dan dapat digunakan......Selamat mencoba

17 Responses to "Mengatasi Android Melakukan Panggilan Layar Gelap"

  1. Gans kalau di galaxi mega, gimana gans penaturan nya aga beda, saya aga bingung ni. Tolong bantuan nya ya gans,,,, di tunggu

    ReplyDelete
  2. gan kalau buat asus zenfone c yg Ram 2gb gmn pengaturan nya

    ReplyDelete
  3. kan hapenya blank, mana bisa sih masuk pengaturan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca yang benar dulu gan, Layar Mati atau Blank Hitam saat melakukan panggilan.

      Delete
  4. Mas klo hp oppo r2001 ndk ktmu caranya mhon bantuaanya

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum...

    Gans mohon bantuannya jga dong,,klw hp ss galaxy mini 2 gimna...??
    sdah coba ikuti panduan yg diatas tpi pas mau msuk kepengaturan tambahan ada peringatan error ( Jaringan atau kartu sim error ),,Mohon petunjuk selanjutnya,,,??

    ReplyDelete
  6. kalo samsung grand duos grand menonaktifkan proximity sensornya posisi nya d pengaturan d mana ya..mohon infonya tanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan bagaimana caranya mengatasi android samsung galaxy core i8262 mati saat melakukan panggilan atau menerima panggilan whatsapp

      Delete
  7. Mohon bantuannya juga hp saya infinix hot s. Soalnya di pengaturannya ga ada

    ReplyDelete
  8. mas klo samsung galaxy grandprime gimn cara menonaktifkan sensor tsb

    ReplyDelete
  9. Perasaan nama sensor nya proximity deh ko bisa jdi proximini ya wkwk

    ReplyDelete
  10. Om nanya dong. Punya sy samsung grand frime layar mati saat nelepon. Nyari d pengaturan gk k temu... gmna y?

    ReplyDelete
  11. Layar samsung j5 prime blank lampu indikator nyala...udah dicoba tekan tombol on plus volume tetap blank

    ReplyDelete
  12. sama gan kok di samsung grand prime ane cari ga ketemu"

    ReplyDelete
  13. gan cara melepas sensor proximity diXperia itu gimana?

    ReplyDelete
  14. Galaxi grand frime gimana boss mohon bantuannya

    ReplyDelete