Pertolongan Pertama Android Terendam Air

Android terendam air dapat terjadi tanpa disengaja dan dapat berakibat patal pada Android itu sendiri, Salah satu akibat Android terendam air ialah mati total, Android tidak dapat di perbaiki atau digunakan lagi, Akan tetapi tidak semua Android setelah terendam air mengalami mati total dan tidak dapat diperbaiki lagi.

Pertolongan Pertama Android Terendam Air
Banyak Android terendam air kembali normal dan dapat digunakan tanpa ada permasalahan atau keluhan dari pengguna Android, Semua ini dapat disebabkan dari cara penanganan pertama kali setelah Android terendam air, Untuk itu Anda pengguna Android harus tau cara penanganan pertama kali jika menemukan Android Anda terendam air.

Kenapa Android terendam air mati total?

Android terendam air mati total dapat disebabkan Air akan masuk ke semua komponon di Android seprti: IC, Resistor, Kapasitor, Transistor, Air tersebut dapat menyebabkan short (konsleting) pada komponen IC, Resistor, Kapasitor, Transistor di Android.

Apakah yang harus dilakukan disaat pertama kali menemukan Android terendam air

Pertolongana pertama kali disaat menemukan Android terendam air ialah mematikan Android dengan cara melepaskan baterai Android, Tujuannya melepaskan baterai Android supaya tidak terjadi shot (konslet) pada komponen IC Android disaat Android terendam air, Air yang masuk ke komponen di PCB (Papan mesin Android) akan menyebabkkan short (konslet) yang mengakibatkan kerusakan pada komponen IC Android, Kerusakan pada komponen IC akan menyebabkan Android mati total, yang harus Anda lakukan disaat pertama kali menemukan Android terendam air ialah mematikan Android tersebut dan jangan sekali-kali untuk menyalakannya.

Segera lepas baterai Android dengan cara membuka kesing belakang dan lepaskan baterai Android, Air akan menghubungkan tegangan baterai ke komponen-komponen di PCB Android, walaupun Android dalam posisi off, Sebaiknya lepas baterai Android.

Untuk penanganan Android menggunakan baterai yang tidak dapat dilepas yaitu dengan cara membongkar kesing Android, Jika  Anda akan menemukan songket baterai Android, Segera dilepaskan songket baterai di PCD Android, Jika baterai disolder ke PCB Android segera lepas baterai Android menggunakan solder.

Kapankah waktu menyelakan Android setelah terendam air

Anda dapat menyalakan Android terendam air setelah Anda pastikan Android benar-benar telah kering dari Air yang tadinya masuk ke semua komponen di Android, Untuk memastikan Android bebas dari Air sebaiknya bongkar semua kesing Android dan pastikan papan PCB Android telah kering dan begitu juga pada semua komponen IC di PCB Android.

Cara mengeringkan komponen IC Android sebaiknya gunakan Solder blower (Solder uap) atau dengan menjemurnya dibawah panas matahari sampai komponen IC di PCB Android benar-benar kering, Disini kami menggunakan solder blower (Solder uap) utuk mengeringkan komponen IC Android.

Kenapa Android terendam air mati total dan tidak dapat diperbaiki?

Penyebab Android mati total dan tidak dapat diperbaiki setelah terendam air disebabkan Android mengalami kerusakan pada komponen IC, Short pada komponen IC Android, Terjadi short di bebarapa komponen IC Android, Permasalahan seperti ini sangat sulit untuk diperbaiki, banyak teknisi Android tidak sanggup menanganinya, Kerumitan serta kepastian kerusakan yang begitu banyak pada komponen IC serta jalur di PCB Android

Beberapa kerusakan Android terendam air

Android setelah terendam air pada umumnya mengalami kerusakan pada LCD dan layar sentuh Android, Kerusakan pada LCD dan layar sentuh disebabkan pengguna Android menyalakan Android disaat komponen seperti LCD dan layar sentuh masih dalam keadaan basah atau LCD dan layar sentuh Android tidak benar-benar kering, Anda dapat mengganti komponen yang rusak dengan komponen yang baru.

Kerusakan pada LCD Android, Kerusakan pada LCD Android akan menyebabkan layar Android Gelap, Blank putih, Layar tidak muncul, Lampu layar tidak nyala.

Kerusakan pada layar sentuh (touchscreen) Android akan menyebabkan layar sentuh Android tidak dapat digunakan (disentuh)

NB : Antara Android tercebur sama terendam air berbeda, Android tercebur air terjadi dalam waktu singkat, Jika Android terendam air terjadi dalam rentang waktu yang lumayan lama, Antara Android tercebur air dan Android terendam air berbeda pula penanganannya.

Jika Android tercebur air biasanya kerusakan tidak terlalu parah, jika Android tercebur lalu diangkat dan dikeringkan,  Android dapat kembali normal,

Jika Android terendam air bisa menyebabkan komponen IC dan PCB Android karatan, Penanganannya Android wajib dibersihkan pada komponen IC dan PCB Android menggunakan cairan pembersih (thinner, dll).

Kesimpulan.

  1. Jika Anda menemukan Android terendam air segera lepas baterai Android
  2. Keringkan Android sampai pada komponen IC Android wajib benar-benar kering
  3. Pastikan Android benar-benar telah kering dan terbebas dari air sebelum menyalakannya.
  4. Kerusakan Android setelah terendam air disebabkan kerusakan pada komponen IC Android
  5. Menyalakan Android dalam keadan basah dapat menyebabkan shot (konslet) pada komponen IC Android
  6.  Menyalakan Android dalam keadan basah dapat menyebabkan kerusakan pada LCD dan layar sentuh Android

Kami sarankan buat Anda pengguna Android yang mengalami permasalahan terendam air, Pastikan Android benar-benar telah kering dan terbebas dari air atau bawa Android  ke tempat service untuk memastikan Android benar-benar telah kering dan terbebas dari air.

0 Response to "Pertolongan Pertama Android Terendam Air"

Post a Comment