Cara Reset Android Seperti Baru dari Pabrik

Reset Android Mengembalikan pengaturan dan settelan pada android seperti baru keluar dari pabrik atau seperti baru pertama kali digunakan, Cara mengembalikan setelan di perangkat android yaitu dengan cara masuk ke menu recovery mode, Pada menu recovery pengguna dapat melakukan Wife Data atau melakukan Factory Reset di perangkat android.

Pada umumnya Factory Reset dapat dilakukan pada Menu Settelan > Reset di perangkat, Namun pada kondisi smartphone yang tidak dapat melakukan Start dengan normal atau tidak dapat masuk ke menu pada perangkat, pengguna dapat melakukan dengan cara masuk ke menu recovery mode untuk memulihkan perangkat android.

Sebelum melakukan Reset atau Factory Reset pada perangkat android lakukan Backup data jika masih dapat mengakses menu pada android agar data penting seperti kontak dll pada perangkat tidak terhapus. Reset atau Factory Reset di android ini akan menghapus semua File, Data, Aplikasi, Game, Fhoto, Music, Video dll  yang pernah disimpan atau tersimpa di Memori Internal android, Kecuali data yang tersimpan di Memori eksternal atau data yang tersimpan di server aplikasi tidak akan ikut terhapus.

Pada beberapa kasus seperti dibawah ini pengguna tentu saja tidak dapat mengakses smartphone android.

  1. Pengguna tidak dapat masuk ke menu atau hanya muncul logo android atau logo dari vendor perangkat android, pada kasus seperti ini biasanya disebut botloop, Pada kasus ini biasanya disebabkan terjadinya kesalahan pada software pada perangkat.
  2. Perangkat android tidak merespon dengan normal atau tidak dapat membuka menu.
  3. Lupa password, Lupa pola kunci atau Lupa PIN
  4. Setelah pengguna melakukan pembaruan atau menginstal firmware baru atau update software pada perangkat android.
  5. Sebelum menjual atau setelah membeli perangkat android bekas sebaiknya lakukanlah reset.
  6. Sangat berguna untuk menghapus semua data yang tersimpan di memori internal pada android.

Reset Android dengan cara masuk ke Recovery Mode

Cara masuk ke recovery mode di android yaitu dengan cara menekan beberapa tombol dengan menekan kombinasi tombol pada android. contoh (pada samsung galaxy S5 tekan dan tahan tombol Volume UP+Home+Power secara bersamaan) selanjutnya anda akan masuk ke menu recovery mode pada perangkan Samsung galaxy S5, disana anda akan melihat beberapa pilihan yang berguna untuk melakukan reset pada smartphone android seperti:

  • Reboot system now => Untuk reboot Android
  • Apply update from sdcard => Untuk memilih zip dalam SD Card 
  • Wipe data/factory reset => Untuk reset data Android 
  • Wipe cache partition => Untuk menghapus cache

Cara masuk ke recovery mode pada android (Kombinasi tombol) dan (Menu Recovery Mode) antara perangkat satu dengan yang laimya dapat saja berbeda, Untuk mengetahui tombol atau cara masuk recovery mode di android dapat anda lihat di sini -> Kumpulan cara masuk recovery mode di semua android.
Cara Reset Android Seprti Baru dari Pabrik
Cara Reset Android Seprti Baru dari Pabrik

Cara Melakukan Wife data atau Factory reset Samsung Galaxy Young S5360

  • Pastikan baterai smartphone android anda mencukupi atau min 25 % daya yang tersisa.
  • Tekan dan tahan Tombol Volume Up + + Home + Tombol Power tekan secara bersamaan (Pada Samsung Galaxy young S5360) Sampai masuk ke menu recovery mode.
  • Setelah muncul pilihan menu Recover, Untuk navigasi gunakan tombol volume untuk ke bawah atau ke atas dan gunakan tombol Home untuk konfirmasi atau OK (Pada samsung galaxy young)
  • Selanjutnya gunakan tombol volume down arahkan ke sampai di menu wife data/factory reset, selanjutnya tekan tombol Home untuk konfirmasi.
  • Setelah itu akan muncul Confirm wife all user data? tekan tombol volume down kebawah sampai ke pilihan yes -- delete all user data, selanjutnya tekan tombol Home untuk konfirmasi.
  • Terakhir pilih reboot systeam now dan tunggu beberapa saat smartphone android akan melakukan booting/Restart. 
  • Smartphone android telah berhasil dilakukan kembali ke setting pabrik

Jadi jika Anda yang mengalami boot loop pada handphone Android atau Anda lupa akan kata sandi atau pengunci pola handphone Android, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke recovery mode dan lakukan Factory Reset / Wipe data. -> Kumpulan cara masuk recovery mode di semua android atau Kumpulan cara masuk recovery mode di Samsung dan Kumpulan cara masuk recovery mode di Advan Vandroid.

0 Response to "Cara Reset Android Seperti Baru dari Pabrik"

Post a Comment