Kamus Istilah Istilah Dalam Ponsel

Kamus Istilah Istilah di ponsel ini sengaja kami share untuk anda yang sering menjumpai istilah baru di ponsel dan tidak tau apa makna atau arti dari istilah tersebut, oleh sebab disini saya ingin share istilah-istilah dalam ponsel yang sering dijumpai sehari-hari.
Kamus Istilah Istilah di Ponsel
Kamus Istilah Istilah di Ponsel

Kamus Istilah Istilah Dalam Ponsel

A2DPAdvanced Audio Distribution Profile merupakan teknologi audio berkualitas tinggi, biasanya digunakan pada headset yang terhubung dengan jaringan handphone ataupun media player portabel, dengan menggunakan teknologi bluetooth

AAC (Advance Audio Coding)
Salah satu standar format kompresi file audio. Lebih unggul kualitas suaranya dibanding format mp3, karena menghasilkan frekuensi lebih lebar.

Airtime
Perhitungan terhadap durasi atau lamanya suatu panggilan telepon yang dihitung sejak saat berhasil melakukan panggilan hingga saat menutup telepon.

Akselerometer
Memungkinkan untuk rotasi layar (dari mode potrait menjadi landscape) secara otomatis hanya dengan membalikan handphone.

Android
Salah satu operating system terbaru yang berbasis kernel linux (saat ini baru untuk perangkat telepon seluler namun sudah ada beberapa vendor laptop yang siap menanamkan android pada jajaran produk terbaru mereka). Android dikembangkan oleh Google. Biasaya Android tertanam pada handphone-handphone kategori smartphone. Android merupakan sistem aplikasi yang bersifat open source (terbuka). Ponsel pertama yang menggunakan sistem ini adalah NEXUS ONE besutan google, kemudian diikuti oleh HTC dengan series Magic, ada motorola yg dilabeli Motorola Droid aka (as known as) Milestone. Versi Android : 2.1 Eclair, 2.2 aka Froyo, 2.3 Ginger Bread, 3.0 Honey Comb, 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), 4.1 Jelly Bean

APN (Access Point Name)
Adalah nama akses dari jaringan GPRS. APN merupakan seting dalam perangkat lunak yang dapat menghubungkan sebuah perangkat mobile seperti ponsel ke dalam jaringan internet.

ARPU (Average Revenue Per User)
Rata-rata pendapatan (dalam konteks ini adalah pendapatan yang diterima operator telpon dari percakapan dan komunikasi data) dari pelanggan.

Accessories
Peralatan/perangkat tambahan yang berfungsi sebagai pelengkap, pendukung, pelindung atau hanya hiasan untuk mempercantik tampilan. Misalnya tempat ponsel yang diletakkan di ikat pinggang, desktop charger (docking), casing, anti gores dll.

Auto Focus
Fungsi sensor pada kamera yang pada saat pengambilan obyek/gambar maka secara otomatis sensor kamera akan mengambil/capture obyek/gambar pada kualitas terbaik.

Auto Keypad Lock
Fungsi yang memungkinkan keypad suatu handphone terkunci secara otomatis dalam beberapa detik atau menit ketika handphone tidak digunakan tetapi dalam keadaan menyala.

AVI (Audio Video Interleave)
Salah satu format multimedia yang dibentuk berdasarkan proses kompresi. Memungkinkan ukuran maksimal hingga 2GB. format AVI di buat oleh Microsoft

A-GPS
Peningkatan Performa GPS yang dibantu dengan dukungan koneksi GPRS/3G alias menggunakan koneksi internet seperti aplikasi google map, NokiaMap pada ponsel Nokia. Dengan A-GPS, penetuan posisi menjadi lebih cepat dan akurat karena terhubung dengan Server pembantu. Perbedaan antara GPS receicer dengan A-GPS adalah pada ponsel yang menggunakan fitur A-GPS, maka lokasi yang terbaca pada layar ponsel adalah titik BTS terdekat dengan ponsel yang sedang digunakan. (Kontribusi dari Bro R_Sormin : thanks kontribusinya )

BADA
Sebuah Operating System milik Samsung.

Band
Area/frekuensi jalur gelombang pemancar
- Dual Band : artinya suatu perangkat handphone yang mampu beroperasi pada 2 frekuensi yang berbeda. Misalnya frekuensi 900 Mhz dan 1800 Mhz - Tri Band (3 Band) : pada frekuensi 900/1800/1900 Mhz
- Quad Band (4 Band) : 800/900/1800/1900 Mhz 

Setiap negara mempunyai jalur frekuensi yang berbeda. Tipe handphone Dual Band bisa saja digunakan di Indonesia, tetapi ketika dibawa ke negara lain mungkin tidak dapat digunakan dikarenakan frekuensi yang digunakan sangat berbeda.

Bar / Bar Signal
Tanda pada layar handphone yang menunjukan besarnya penerimaan sinyal pada handphone. Semakin banyak/tinggi bar signal pada sebuah handphone, semakin bagus daya tangkap

Baterai
Alat/piranti pensuplai daya energi. Baterai pada handphone adalah baterai yang dapat diisi ulang (charge).
Jenis-jenis baterai handphone : NiCD/NiCad, NiMH (Nickel Metal Hydride), Li-Ion (Lithium Ion), Li-Poly (Lithium Polymer)

Bluetooth
Piranti/alat memungkinkan transmisi data tanpa kabel (wireless) diantara peralatan-peralatan seperti Handphone, Komputer dan PDA dll. Protokol Bluetooth diberi nama sesuai dengan nama raja Denmark jaman dahulu, Harald Bluetooth. Bluetooth memungkinkan Anda mengirim dan berbagi data dengan peralatan lainnya dalam jarak/radius tertentu.

BlackBerry
Alat komunikasi yang digunakan sebagai penerima sekaligus pengirim email, web browser, SMS, organizer, chat dan lainnya. Blackberry, selain sebuah device juga merupakan operating system. BlackBerry dikembangkan dan diproduksi pertama kali pada tahun 1999 oleh sebuah perusahaan Kanada, RIM (Research in Motion). Bentuknya tersedia dalam ukuran seperti ponsel maupun PDA.
BIS (Blackberry Internet Service) ; layanan blackberry bagi personal/individual yang memiliki email berbasis POP3 atau IMAP
BES (Blackberry Enterprise Server) ; adalah layanan push mail yg dirancang untuk segmen korporasi/corporate yg menggunakan platform Microsoft Exchange, Lotus Domino or Novel Wise.

B&W (Black and White)
Warna hitam putih atau monocrome

BTS (Base Tranceiver Station)
Pemancar penerus dan penguat sinyal layanan komunikasi

Built in
Menyertakan/terpasang suatu alat/fasilitas dalam handphone. Built-in modem, artinya handphone tersebut dapat digunakan sebagai modem untuk koneksi internet. Atau built in speaker, artinya handphone tersebut sudah - terpasang speaker internal untuk mendengarkan audio. Built-in camera, artinya sudah dibenamkan kamera

Bundling / paketan
Bila kita membeli suatu produk, maka akan disertakan produk tambahan dan tidak dikenakan biaya/harga tambahan alias gratis (Seringnya sih dalam masa promosi). Biasanya dalam bundling tersebut, antara produk yang dipasarkan dengan produk tambahannya saling terkait atau mendukung. Misal : membeli produk ponsel Merk “A”, maka akan memperoleh Sim Card/Nomor perdana dari Operator “X” secara gratis.

BREW (Binary Runtime Environtment for Wireless)
Aplikasi yg didevelop & milik Qualcomm, n of course dipake di teknologi CDMA.di indonesia sendiri platform BREW digandeng mobile-8 (Fren) memakai nama b-live...
klo dijelasin,sistem brew hampir mirip dg java d gsm,bedanya brew masih tertutup jadi ketika kita mau mempublikasikan/menjual aplikasi yg didevelop pake brew SDK terlebih dlu hrs sdh mendapat digital signature dr qualcomm
(kontribusi dan koreksi dari bro ruiten)
Brew = Suatu platform untuk menjalankan aplikasi/game yang dibuat oleh bahasa programming C/C++, platform ini digunakan/ditargetkan untuk selular.

BROAD BAND
Jalur data berpita lebar dan berkecepatan tinggi.

Browser / Internet Browser
Aplikasi untuk melihat/menjelajah internet. Untuk ponsel, ada beberapa aplikasi internet browser yang dibenamkan seperti Opera Mini (berbasis Java), Brew dan lain-lain

CandyBar
Merujuk merujuk pada bentuk/desain fisik ponsel yang keypad-nya berada diluar (biasanya langsung di bawah screen/layar atau ada juga yang berada di samping layar/screen seperti Nokia N-Gage series). Sebagian besar ponsel yang beredar di sini adalah berdesain CandyBar
  
CDMA (Code Division Multiple Access)
Sebuah sistem jaringan telekomunikasi selain GSM. Contoh layanan telekomunikasi yang menggunakan jaringan ini adalah Bakrie Telecom dengan produk Esia & Wifone, kemudian Fren dan Hepi dari Mobile-8, Flexi dari Telkom, Starone dari Indosat, Smart dari SinarMas dan Ceria dari Sampoerna
CDMA x1 ; teknologi CDMA generasi ke-2 atau 2G
CDMA 2000x1 : teknologi CDMA dengan kemampuan hampir setara 3G pada GSM. kecepatan transfer data teknologi ini mencapai 230,4 kbps.
Di Indonesia jalur frekwensi yang digunakan untuk CDMA adalah pada frekwensi 800 Mhz. Namun khusus untuk Smart masih menggunakan frekwensi 1900 Mhz.

Connection
Hubungan atau koneksi

Content Provider (CP)
Perusahaan penyedia jasa layanan berbagai konten/isi untuk telepon selular. Misalnya donwload ringtone, wallpaper, games. Penyelenggara Kuis berhadiah melalui sms, dll. Di Indonesia, sampai dengan akhir April 2008 ini telah tercatat ada 300 perusahaan CP.

Caller ID (Identifier)
Fitur yang dapat menampilkan nomor telepon panggilan masuk

Caller Photo ID
Fitur yang dapat menampilkan foto si penelpon. Fitur ini dapat diaplikasikan apabila telah diseting/disesuaikan antara foto dan phonebook.

Cellular
Perangkat yang saling terkait, berhubungan dan ketergantungan

Charger
Alat pengisi ulang baterai

Charging
Proses pengisian baterai

Chat / Chatting
Komunikasi menggunakan teks dengan satu atau beberapa orang/group

CIF (Common Intermediate Format)
Besar dan resolusi gambar atau video dengan ukuran 352 x 288 pixel

COMBAT (Compact Mobile Base Station)
BTS bergerak. Biasanya dipasang pada sebuah kendaraan khusus dan ditempatkan pada daerah-daerah tertentu pada waktu tertentu. Misalnya, pada waktu ramai Mudik Lebaran. COMBAT ditempatkan pada daerah/lokasi dimana belum tersedia jaringan atau belum terpasang BTS namun pada lokasi tsb membutuhkan layanan komunikasi segera.

Compact Flash (CF)
Salah satu jenis kartu memori (kartu penyimpanan data, audio, gambar, video) tertua dgn teknologi flash memory

Coverage
Cakupan/jangkauan dari sebuah layanan komunikasi.

CSTN (Color Super Twisted Nematic)
Tipe layar setelah era Monocrome dan menuju teknologi TFT. Merupakan teknologi LCD yang mampu memproduksi tampilan menjadi berwarna karena masing-masing pixel dapat membedakan 3 warna merah, biru dan hijau.

Clam Shell
Merujuk pada bentuk/desain fisik ponsel, dimana untuk menggunakan keypad-nya harus membuka tutup depan terlebih dahulu (mirip dengan kerang). Ponsel dengan tipe clamshell ini sering juga disebut dengan istilah ponsel lipat. Ponsel-ponsel yang berdesain clamshell contohnya : Motorola RAZR V series, Samsung W579, Nokia 6101, Sony Ericsson Z320

CLIP (Caller Line ID Presentation)
Layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan untuk memunculkan nomor telepon pemanggil pada ponsel pelanggan yang dihubungi.

CLIR (Calling Line Identification Restriction)
Layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan untuk tidak memunculkan nomor telepon pelanggan pada ponsel yang dipanggil.

Call Waiting
Adalah layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan untuk mengaktifkan nada peringatan pelan yang mengindikasikan adanya panggilan telepon lain yang sedang menunggu sementara pelanggan sedang melakukan percakapan telepon.
Dalam hal ini pelanggan dapat melakukan pilihan :
Menerima panggilan penelpon kedua
Mengabaikan panggilan penelpon keduaCall Hold : layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan untuk menahan /hold percakapan yang sedang berlangsung untuk :
Menerima/menjawab panggilan lain tanpa memutuskan percakapan
Melakukan panggilan tanpa memutuskan percakapanCall Forward / Call Divert : layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan untuk mengalihkan panggilan ke nomor telepon lain atau voice mailbox.
Panggilan dapat dialihkan berdasarkan :
Permintaan pelanggan
Pengalihan secara otomatis ke voice mailbox untuk kondisi seperti :-tidak ada jawaban
-ponsel dimatikan atau berada diluar jangkauan/area layanan
-ponsel sedang digunakan (busy / sibuk)

Call Barring
Mencegah/memblokir panggilan telepon masuk atau pun telepon keluar.
Fitur ini dapat diaktifkan untuk kondisi-kondisi seperti :
-semua panggilan keluar
-semua panggilan masuk
-semua panggilan keluar internasional
-semua panggilan masuk internasional

Conference Call
Fitur layanan yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembicaraan dengan lebih dari 2 tujuan sekaligus dalam waktu yang bersamaan, dimana semua yang dihubungi dapat saling berbicara dan mendengarkan satu dengan yang lainnya.

Crystal Talk
Adalah teknologi berupa fitur yang dapat mengurangi gangguan suara dan mengontrol volume suara ketika melakukan panggilan, sehingga suara saat melakukan panggilan terdengar jernih. Sampai saat ini (11 Juni 2008), teknologi ini baru dimiliki oleh Motorola, artinya baru disematkan pada beberapa tipe ponsel keluaran Motorola.

CSD (Circuit Switched Data) 
Suatu protokol untuk transfer data yg mempunyai kecepatan sampai 8 Kbps. Dengan CSD, ponsel yg terhubung dgn komputer (plus program Facsimile) dapat mengirim/menerima facsimile.

Cyber Shot
Ada pada jajaran ponsel milik Sony Ericsson, dimana cyber shot series lebih mengedepankan fitur kamera.

Device
Perangkat / alat

Data Cable (Kabel Data)
Suatu alat yang menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lain dalam bentuk kabel. Biasanya Kabel Data menghubungkan handphone dengan Komputer PC/Laptop. Kabel data digunakan untuk transmisi/transfer handphone dari dan ke komputer.

Dimension /dimensi
Ukuran fisik suatu benda. Misalnya sebuah handphone dengan dimensi 41x108x14 mm (mili meter) berarti handphone tsb berukuran lebar 41mm dengan tinggi 108mm dan memiliki ketebalan 14mm.

Display (layar)
Tampilan visualisasi pada sebuah perangkat.

Download
Proses menerima data (spt ringtone dari suatu sumber penyedia jasa), misal download ringtone dengan cara kirim sms ke penyedia jasa content, dimana nanti si pengirim sms akan menerima

Driver
Merupakan komponen perangkat lunak yang mengijinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras lainnya. Misalnya kita ingin menghubungkan Henpon kita dengan kabel data ke komputer, maka pada saat di koneksikan (biasanya pakai USB) pertama kali maka komputer akan menanyakan driver dari henpon yang kita koneksikan tsb.

DTMF (Dual Tone Multi Frequency)
Dikenal sebagai Nada Tombol multi, dimana pada saat kita menekan keypad/tombol pada telepon akan mengeluarkan nada berbeda antara tombol satu dengan yang lainnya. Tat Tit Tut Tet Tot....

Dual Mode
Kemampuan sebuah handphone dengan menyediakan 2 slot kartu dengan sistem berbeda yaitu GSM dan CDMA.

Dual On
Handphone dengan menyediakan 2 slot kartu baik GSM-GSM maupun GSM-CDMA dimana keduanya dapat diposisikan stand-by (hidup dua-duanya)

EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) biasa disebut juga EGPRS
Merupakan lanjutan teknologi selular digital lanjutan 2,5 G (GSM+GPRS). Dengan EDGE, kecepatan transmisi data GPRS menjadi lebih cepat sehingga memberikan kemungkinan terhadap fasilitas audio streaming, PTT (Push To Talk) dll. Kecepatan transmisi mencapai 126-473,8 kbps

Earphone
Alat dengar

EMS (Enhanced Message Service)
Layanan semacam SMS, namun pada layanan ini dapat mengirimkan pesan suara (audio file) dan gambar secara terbatas, artinya kemampuan mengirim hanya pada file audio dan gambar sederhana saja.

EVDO (Evolution Data Optimized)
Layanan 3,5G di jalur CDMA dikenal dengan teknologi CDMA2000x1 EVDO. Di Indonesia, baru satu provider yang melayani layanan ini. Kelebihan EVDO ini antara lain adanya pemisahan jalur antara jalur data dengan jalur voice

Expandable
Dapat menambah/diganti, expandabable up to 2 GB (dapat diganti dengan kartu memori yang mempunyai kapasitas 2 GB)

Expansion Slot
Slot untuk tambahan perangkat lain. Biasanya slot ini adalah untuk tambahan kartu memori eksternal (External Memory). Saat ini kebanyakan handphone meletakkan slot untuk kartu memori di samping/sisi handphone.

External Memory
Kartu memori tambahan yang dimasukkan ke slot ekspansi untuk menampung berbagai data (audio, gambar, foto dll) dikarenakan memori (internal) handphone/perangkat lain yang relatif kecil yang tidak dapat lagi menampung kebutuhan data si pengguna.

Facebook
Salah satu situs komunitas/jejaring sosial yang sangat populer. Bahkan ponsel-ponsel yang dipasarkan saat ini (s/d Juli 2009) telah memberikan fasilitas/shortcut (dengan logo facebook) untuk masuk ke dalam situs/website facebook.

Flash Memory (lihat juga Memory Card)
Sering juga diistilahkan “Saving Memory” karena dapat menyimpan data dengan atau tanpa dukungan daya listrik. Flash memory dikembangkan pertama kali oleh Dr Fujio Masuoka dari Toshiba tahun 1984. Nama “flash” disumbangkan oleh Shoji Arizumi kolega Dr Fujio, yang melihat proses penghapusan isi memori seperti kilatan lampu (flash) kamera.

Form Factor
Bentuk dari suatu perangkat : Candy Bar, Clam Shell

Fitur
Fasilitas tambahan yang disertakan dalam paket penjualan sebuah produk.

Flight Mode
Sebuah fungsi pada handphone yang memungkinkan handphone dapat dinyalakan ketika berada di pesawat namun tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi, terbatas hanya untuk bermain game misalnya atau untuk mendengarkan lagu.

FWT (Fixed Wireless Terminal)
Perangkat/terminal/pesawat komunikasi/telepon tanpa kabel yang dapat juga dipindah-pindahkan atau dibawa, namun terbatas pada area pelayanan tertentu saja. Misalnya, kita mempunyai FWT dengan kode area Jakarta, ketika dibawa ke Bandung maka FWT tersebut tidak dapat menerima maupun melakukan panggilan telepon.

FU (Factory Unlock)
Proses Unlock pada handset yang dilakukan oleh pabrikan langsung.

G
Generation

3G (3rd Generation)
Teknologi komunikasi generasi ketiga yang tidak hanya dapat memberikan layanan video call, tetapi juga akses data dan internet berkecepatan tinggi, video streaming. Untuk jalur GSM, teknologi yang mendukung 3G adalah teknologi UMTS, sementara untuk jaur CDMA adalah teknologi EVDO. Kecepatan data pada teknologi 3G mencapai 384Kbps.

3GP (3rd Generation Project)
Format dile multimedia yang dikembangkan oleh konsorsium 3rd Generation Patership Project berdasarkan format mp4. File 3gp ditandai dengan ektensi/akhiran .3gp atau .3g2

Gadget
Perangkat digital mobile yang merupakan alat tambahan dari alat utama (computer). Digital Camera, Mobile phone, MP3 Player seperti (iPOD, Creative Zen, Samsung Yep),

GUI (Graphical User Interface)
Merupakan salah satu model interaksi antara manusia dengan suatu perangkat digital seperti computer, ponsel, mp3 player dll. GUI dimaksudkan untuk kemudahan (user friendly) untuk penggunaan suatu perangkat.

GSM (Global System for Mobile Communication)
Salah satu standar sistem komunikasi digital tanpa kabel untuk menggantikan sistem analog.

GPRS (General Packet Radio Service)
Sistem yang memungkinkan handphone dapat melakukan pengiriman/penerimaan dan akses data melalui jaringan layanan GSM. Memiliki kelas-kelas sperti GPRS Class 8, Class 10, Class 12 dan paling muktahir adalah sampai Class 32.
GPRS merupakan teknologi GSM yang dikategorikan sebagai Generasi 2,5 G

GPS (Global Positioning System)
Suatu sistem navigasi/petunjuk melalui satelit yang memungkinkan penggunanya dapat mengetahui suatu lokasi atau lokasi si pengguna berada. Ponsel yg telah disematkan GPS Receiver, maka pengguna dapat mengetahui lokasi dimana berada dengan kondisi tertentu.(lihat juga A-GPS)

Geo Tangging
Teknologi kamera digital yang memungkinkan sebuah foto yang diambil gambarnya akan didapat pula data lokasi tsb

Handphone, Mobile phone, Telpon Selular/ponsel
Perangkat komunikasi tanpa kabel (wirelless) yang dapat dengan mudah dibawa kemana-mana.

Handsfree
Alat (dipasang ke telinga pengguna) yang memungkinkan si pengguna dapat berkomunikasi tanpa memegang handset, dimana suara lawan bicara hanya terdengar oleh si pengguna. Handsfree dapat menggunakan earphone, headphone, atau bluetooth

Headphone
Alat yang digunakan oleh pengguna untuk mendengarkan suara (dalam berkomunikasi) atau musik tanpa didengar orang lain.

High End
Barang-barang yang dikategorikan memiliki fitur paling lengkap dengan teknologi paling muktahir/terkini.

Hot Swap
Dengan fasilitas ini memungkinkan kita melepas suatu perangkat dalam handphone tanpa mematikannya. Misalnya melepas memory card (biasanya berada di samping/sisi handphone) tanpa perlu mematikan handphone.

HSDPA (High Speed Downlink Packet Access)
Teknologi komunikasi data dengan kecepatan tinggi yang berjalan di frekuensi GSM. Teknologi ini tidak dapat dipisahkan dengan evolusi/pengembangan WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access). Teknologi inilah yang telah mendukung apa yang disebut dengan 3,5 G. Kecepatan data bisa mencapai 3,6 Mbps (download).

HSUPA (High Speed Uplink Packet Access)
Teknologi komunikasi data dengan kecepatan tinggi yang berjalan di frekuensi GSM. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya yaitu HSDPA. Teknologi ini mampu mencapai kecepatan data hingga 7,2 Mbps (download).

HSCSD (High Speed Circuit Data Switch)
Evolusi terakhir dari switch data pada jaringan GSM. HSCSD mampu mentramisikan data melalui hubungan GSM dengan kecepatan sampai 57,6 kbps. Dengan teknologi ini, memungkinkan handset yang terhubung dengan perangkat komputer dapat mengirim dan menerima facsimile (tergantung layanan provider juga)

HTML (Hyper Text Mark-up Language)
Salah satu bahasa pemrograman yang membuat handphone mampu menampilkan halaman web.

HDMI (High Definition Multimedia Interface)
Protokol hardware yang mampu memberikan kualitas gambar, suara dan tampilan dengan tingkat kualitas yang tinggi. Sudah banyak tablet yang mempunyai fitur HDMI dan port HDMI

Icon
Tampilan grafis dalam bentuk lambang atau gambar.

IMEI (International Mobile Equipment Identity)
Merupakan nomor identitas yang sifatnya unik (dalam artian tidak sama antara yang satu dengan yang lain) pada sebuah handphone.

Inject (suntik)
Sistem/cara untuk membenamkan nomor ke dalam module NAM dalam handphone. Cara ini dilakukan terhadap handphone jenis CDMA yang tidak mendukung RUIM (yang dalam handphone jenis GSM disebut SimCard Slot)

InfraRed/IRDA (InfraRed Data Association)
Salah satu standar konektivitas untuk melakukan transmisi data dari satu perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya dalam jarak pendek dengan memanfaatkan sinyal infra merah.

iTap
Aplikasi pada pesan teks yang secara otomatis menambahkan dan membuat satu kata hanya dengan menekan satu huruf saja. Predictive Text dikenal dengan istilah T9 atau iTap.

Jack
Lubang untuk menghubungkan dengan perangkat lain dengan suatu macam fungsi. Misal Jack audio, berarti lubang untuk menghubungkan handphone dengan misalnya speaker, headphone untuk mendengarkan audio baik berupa suara, musik atau radio.

Jailbreak
Suatu proses pada handset iphone yang nantinya iphone tersebut dapat bebas dimodifikasi. Jailbreak bisa menghilangkan garansi pada iphone.

Java
Salah satu bahasa pemrograman

J2ME (Java 2 Platform Micro Edition)
Pengembangan bahasa pemrograman java yang ditujukan khusus untuk perangkat bergerak kecil semacam ponsel, PDA dan lain-lain.

Keypad (papan tombol/ketik)
Sarana untuk melakukan suatu input/perintah pada handphone.

Kompresi
Proses memampatkan/memperkecil ukuran data.

LCD (Liquid Crystal Display)
Merupakan salah satu layar yang digunakan dalam monitor. Layar LCD menggunakan 2 buah lembaran bahan yang dapat mempolarisasikan kedua lembaran tsb.
- LCD Monocrom ; biasanya menampilkan gambar/teks dalam warna biru atau abu-abu tua di atas latar belakang putih ke abu-abuan. Contoh handphone yang menggunakan layar tipe ini salah satunya Nokia CDMA 2116
- Color LCD : menggunakan 2 teknik untuk menghasilkan warna yaitu passive matrix dan active matrix. Active matrix biasa disebut TFT (Thin Film Transistor)

Linux
Sebuah operating system yang bersifat terbuka yang biasanya diinstal ke dalam komputer. Saat ini Linux juga ditanamkan pada beberapa tipe handphone, seperti seri A780, ROKR E6 dari Motorola,

Lithium Ion
Jenis baterai yang dapat diisi ulang. Sebagian besar gadget modern termasuk handphone menggunakan baterai lithium ion. Dijuluki baterai lithium ion karena tenaga baterai ini berasal dari aliran ion-ion lithium (Li+) di dalam larutan elektrolit. Sewaktu baterai kita charge, ion lithium mengalir dari katoda (kutub positif) ke anoda (kutub negatif). Sebaliknya, ion lithium mengalir dari anoda ke katoda ketika baterai bekerja.

Lithium Polymer
Jenis baterai yang dapat diisi ulang Ini adalah generasi terbaru dari rechareable battery, keunggulannya adalah ramah terhadap lingkungan, sedang kemampuan lainnya sama persis dengan battery LIthium Ion. Li-Poly sifatnya yang liquid sehingga bisa mengakibatkan bentuk battery bisa berubah karena tekanan.

Low Batt
Suatu keadaan dimana energi pada baterai sudah menunjukkan titik terendah yang artinya handphone akan segera mati dan baterai harus segera diisi ulang (charge).

Low End
Merujuk pada segmen pasar dimana barang yang ditawarkan hanya memiliki fitur standar dan ditawarkang dengan harga jual yang relatif murah serta ditujukan pada kalangan entry level (pemula)

M-Banking (Mobile Banking)
Suatu layanan hasil kerjasama operator selular dengan perbankan. Layanan ini memungkinkan nasabah/pelanggan dapat mengkases layanan perbankan tertentu melalui handphone dengan cara antara lain melalui SMS atau melalui menu yang tersedia pada kartu SimCard. Layanan perbankan tsb antara lain cek saldo, transfer, pembayaran tagihan listrik, telpon dll.

Mega-Pixel
Mega adalah juta. Pixel adalah satuan pembentuk gambar. Mega-pixel berarti jutaan pixel pembentuk gambar.

Message
Pesan. (lihat juga SMS dan MMS)

Memory Card /kartu memori (lihat juga Flash Memory)
Perangkat tambahan sebagai media penyimpanan, baik berupa data file, suara/audio, video, musik dll
Jenis-jenis Memory Card berbasis flash memory antara lain :
  • MMC (Multi Media Card) : RS-MMC (Reduce Size MMC); DV RS-MMC (Dual Voltage RS-MMC
  •  SD (Secure Digital) : MiniSD; MicroSD atauTransFlash
  •  xD Picture Card
  • CF (Compact Flash) : salah satu jenis kartu memori (kartu penyimpanan data, audio, gambar, video) tertua dgn teknologi flash memory
  •  Memory Stick (MS) : MS Pro ; MS Pro Duo
MMS (Multimedia Message Service)
Layanan pesan yang dapat menyertakan tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar, audio/suara dan bahkan video.

MicroSD
Salah satu jenis kartu memoi dengan format flash memory dengan ukuran paling kecil saat ini dibandingkan dengan jenis katu memori lainnya.

MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
Pertama kali dikembangkan oleh Dave Smith pada tahun 1981. Midi tidak menstransmit audio melainkan data digital.

MIDP (Mobile Information Device Profile)
Java runtime yang digunakan dalam J2ME

Mid to End
Merujuk pada segmen pasar kalangan menengah ke bawah dimana barang yang ditawarkan memiliki fitur kurang/tidak lengkap tapi di atas standar atau diatas low-end.

Mid to High
Merujuk pada segmen pasar kalangan menengah ke atas dimana barang yang ditawarkan memiliki fitur yang relative lebih lengkap disbanding mid to end

Miss Call (panggilan tidak terjawab)
Miss call dalam pergaulan sehari-hari sering diartikan dengan panggilan jangan diangkat, tujuannya antara lain untuk mencatat nomor telepon seseorang tanpa perlu menyebutkannya secara lisan atau seseorang yang melakukan miss call minta untuk dihubungi kembali (biasanya nggak punya pulsa untuk menelpon atau orangnya pelit, irit atau nggak mau rugi gitu lhooo)

Mobile TV /Video
Layanan streaming siaran televisi/video yang disediakan oleh operator telepon selular. Layanan ini adalah layanan berbayar atau dikenakan biaya/pulsa untuk pemakaiannya.

Modem
Bila perangkat ini dibenamkan ke dalam henpon, maka henpon dapat dipergunakan misalnya pada PC/LapTop untuk koneksi secara dial-up ke jaringan internet

Monoponic
Bunyi yang hanya menghasilkan satu jenis nada saja.

Multimedia
Ragam hiburan yang dapat dinikmati oleh pengguna handphone tertentu seperti fasilitas Camera, Audio/MP3 Player, Internet, Games, Video dll

MP3
Salah satu format audio digital paling popular. Lengkapnya MPEG Layer 3. Mampu mengkompresi/memadatkan file audio asli ukuran 32 Mb menjadi hanya 3 Mb saja. Namun kualitas suara turut berkurang. MP3 sudah banyak digunakan pada handphone saat ini.

MPEG (Moving Picture Expert Group)\
Salah satu format video


Mobile(bergerak)
Perangkat yang dapat dengan mudah dibawa kemana-mana

Navigator
Perangkat yang mampu menangkap layanan GPS

NAM (Number Assigment Module)
Module pengisian nomor telpon dan nomor aktivasi lainnya ke dalam memory handphone (jenis CDMA).

Node
Titik yang dapat menerima input data ke dalam network, atau menghasilkan output informasi, atau kedua-duanya

Non OS (Operating System)
Tanpa sistem operasi. Handphone dengan kategori Low End atau untuk entry level (pemula) kebanyakan tidak menyertakan sistem operasi pada handphone-nya.

NiCD/NiCad (Nickel-Cadmium)
Battery NiCD adalah jenis rechargeable battery (baterai isi ulang) paling lama yang ada di dunia, dan karena kapasitasnya yang besar, maka battery ini dipilih untuk handphone lama yang menggunakan tenaga besar pada waktu itu.

NiMH (Nickel Metal Hydride)
Merupakan tipe baterai isi ulang setelah era NiCD. Baterai tipe ini lebih lama waktu pengisiannya dibandingkan tipe Li-Ion atau Li-Poly

Network Provider (Operator Jaringan)
perusahaan yang menyediakan jasa layanan komunikasi.

No Network Coverage
Suatu kondisi dimana handphone tidak menerima jangkauan sinyal jaringan telepon selular, hal ini terjadi disebabkan misalnya handphone berada pada ruangan tertutup rapat, atau ketika berada di suatu lokasi yang tidak terjangkau oleh sinyal jaringan dikarenakan tidak adanya BTS.

OLED (Organic Light Emitting Diode)
Salah satu tipe layar yang banyak digunakan pada iklan outdoor /luar ruang dalam bentuk display elektronik. OLED tidak memerlukan backlight (lampu latar belakang) untuk berfungsi, sehingga lebih hemat energi baterai. Handphone merk Samsung (X120) dan Philips (Xenium 9@9g) juga menggunakan OLED untuk layarnya. perkembangan selanjutnya adalah hadirnya layar bertipe AMOLED dan Super Amoled

Option/Optional
Fitur atau fasilitas tambahan yang dapat dipasangkan pada suatu produk tetapi tidak disertakan dalam paket penjualannya dan harus dibeli secara terpisah.

OS (Operating System/Sistem Operasi)
Adalah program yang dibenamkan ke dalam sebuah perangkat seperti pada komputer (dengan Mac, Windows atau Linux), handphone/PDA. Ada beberapa OS yg dibenamkan pada perangkat ponsel/PDA antara lain Windows Mobile, Palm, Linux, Symbian, Blackberry, Iphone dan yang terbaru dan sedang jadi pusat perhatian adalah OS Android, Bada (digunakan ponsel Samsung dan sudah dirilis dipasaran), ada pula OS yang bernama Brew Mobile. Ada lagi OS bernama MeeGo. Hanya beberapa tipe ponsel yang membenamkan OS Linux seperti Motorola seri ROKR E6.

Operator / Provider
Perusahaan penyelenggara/penyedia jasa layanan komunikasi

OTA (Over The Air)
Selain secara manual, cara setting dan pengaktifan suatu fitur layanan dari operator dapat juga dilakukan secara otomatis melalui operator telepon yang kita gunakan. Misalnya, melakukan setting MMS pada henpon dengan cara mengirim sms dengan format tertentu ke nomor dari sebuah operator dan kemudian operator mengirimkan MMS notifikasi bahwa setting MMS pada henpon sudah teraktifasi. Layanan OTA dapat dilakukan dengan syarat henpon yang kita gunakan mempunyai dukungan untuk melakukan OTA.

Off-Peak
Suatu metode pengenaan tarif oleh operator yang memperhitungkan saat waktu-waktu tertentu dimana trafik komunikasi biasanya tidak terlalu padat. Misalnya mulai pukul 22:00 s/d 07:00 dikenakan tarif dengan diskon atau lebih murah dari tarif normal.

Original
Product Asli.

Online
Aktifitas yang terhubung dengan jaringan/network, baik secara nirkabel/wireless maupun tidak. Misal, sedang menerima telepon atau berbicara ditelepon dapat disebut dengan ”sedang online”, membuka/mengakses internet baik dari komputer maupun ponsel, disebut juga sedang ”online”.

PDA (Personal Digital Assistant)
Selain sebagai alat komunikasi bergerak juga memiliki fungsi mengatur berbagai macam informasi personal yang mencakup database nama dan alamat, agenda kerja, note/catatan dll. PDA biasanya menggunakan stylus pen ataupun keyboard kecil sebagai media iputnya atau mengakses menu-menunya.

ictBridge
Sebuah teknologi yang memungkinkan sebuah perangkat (kamera digital, henpon berkamera) dapat mencetak langsung pada sebuah printer yang juga memiliki teknologi ini.

PPC (Pocket PC)
Dikenal juga sebagai PDA modern. PPC termasuk keluarga PDA dengan operating system Mobile Windows dan sekaligus ber-display Touch Screen.

Port
Yaitu suatu node pada perangkat handphone yang mempunyai suatu fungsi tertentu, misalnya port charging, yaitu node untuk menancapkan alat charger/pengisi baterai

Pixel
Satuan terkecil pembentuk gambar. Satu pixel terdiri dari unsur warna merah, biru dan hijau.

Polyponic
Bunyi yang mempunyai lebih dari satu jenis nada atau instrumen musik yang dimainkan secara bersamaan. Terdapat beberapa tingkatan yaitu 16, 24, 32 dan 64.

Predictive Text
Aplikasi pada pesan teks yang secara otomatis menambahkan dan membuat satu kata hanya dengan menekan satu huruf saja. Predictive Text dikenal dengan istilah T9 atau iTap.

Processor
Perangkat utama berupa chipset yang dijadikan sebagai otak utama dari sebuah handset. processor biasanya ditanamkan pada handset smartphone dan tablet.

Provider
Penyedia layanan komunikasi (misal Indosat, Telkomsel, Bakrie Telecom, Mobile-8)

PSTN (Public Switched Telecomunication Network)
Pesawat telepon tetap/konvensional menggunakan jaringan kabel seperti milik Telkom.

PTT (Push To Talk)
Fasilitas layanan yang mendukung komunikasi seperti handy talkie.

Pulsa
Sejumlah nilai dalam nominal yang tersimpan dalam sistem layanan jasa komunikasi selular. Pengguna jasa komunikasi yang menggunakan system pra-bayar (tidak berlangganan) diharuskan memiliki pulsa jika ingin menggunakan jasa komunikasi tsb. Secara teori pulsa akan berkurang berdasarkan tarif dan pemakaian. Pulsa akan bertambah apabila ada pengisian. Pengisian pulsa dapat dilakukan dengan cara pembelian voucher, melalui ATM dll

Push e-Mail
Layanan menerima email melalui handphone/PDA serasa menerima SMS. Pelopor push e-mail adalah RIM (Research In Motion) dengan handset dan layanan BlackBerry-nya. Layanan ini selain harus didukung oleh operator juga handphone yang digunakan telah memiliki fitur ini.

Postpaid / Pasca Bayar
Adalah metode berlangganan terhadap suatu produk/jasa layanan dengan melakukan registrasi administrasi terlebih dahulu dan pelanggan akan dikenakan biaya abonemen/langganan setiap periodenya. Contoh kartu postpaid : Hallo, Matrix, XL

PIN (Personal Identification Number)
Sekumpulan nomor/angka-angka sebagai identifikasi pribadi yang dipergunakan untuk masuk atau mengakses ke sebuah perangkat atau sistem.

Peak
Tarif peak, suatu metode pengenaan tarif oleh operator yang memperhitungkan saat waktu-waktu tertentu dimana trafik komunikasi biasanya tinggi/padat. Misalnya pada pukul 18:00 s/d 22:00, dikenakan tarif tambahan dari tarif normal.

Prepaid / Pra Bayar
Adalah metode berlangganan (tepatnya: penggunaan) terhadap suatu produk/jasa layanan tanpa perlu melakukan registrasi administrasi serta tidak dikenakan biaya abonemen/berlangganan, namun harus membayar sejumlah tertentu untuk dapat menikmati fasilitas jasa layanannya. Contoh kartu prepaid : Mentari, Bebas, Simpati.

Qwerty
Disebut Qwerty karena peletakan huruf-huruf pada keypad ponsel, dibuat mengikuti huruf-huruf pada keyboard komputer. Ada dua tipe Qwerty pada ponsel yaitu half qwerty dan full qwerty

Quad Band
Ponsel dengan fasilitas ini mampu berjalan pada 4 frekuensi 800/900/1800/1900 Mhz.

Quad Core
Prosesor dengan empat inti.

QVGA (Quarter VGA)
Adalah ukuran image yang popular untuk konsumsi awal kamera digital dan kamera video dengan ukuran 320x240 pixel (1/4 dari ukuran VGA yang 640x480 pixel)

QualComm
Sebuah perusahaan Operator telepon selular dan juga memproduksi chipset (merk QualComm) untuk ponsel dengan lisensi teknologi CDMA.

Roaming
Kemampuan menerima/melakukan panggilan atau perhitungan tarif yang dikenakan kepada pelanggan dikarenakan penggunaan/pemakaian di luar area pelayanan dimana pelanggan terdaftar.

Reject
Tindakan menolak panggilan telepon masuk dengan cara menekan tombol “no answer”, “cancel” atau “busy”

Removable
Dapat dicabut, diganti dan dipasang kembali dengan mudah tanpa perlu alat tambahan.

RDS (Radio Data System)
Dengan RDS maka handphone akan dapat menampilkan nama stasiun radio dan dapat mencari staiun radio mana saja yang frekuensi sinyalnya paling bagus diterima.

RIM
Research In Motion, sebuah perusahaan berasal dan berbasis di Kanada yang mengembangkan Blackberry

Ring Back Tone (Nada panggil/sambung/tunggu)
Sebuah layanan dari operator telepon yang memungkinkan pengguna layanan mengganti nada panggil/tunggu dengan sebuah lagu yang dapat diplih dan diganti. Contoh ; NSP (Nada Sambung Pribadi) dari Telkomsel, i-Ring dari Indosat

Ringtone (nada bunyi)
Nada bunyi yang terdengar dari handphone ketika ada panggilan/telepon masuk atau menerima sms dll. Nada yang keluar tergantung kepada setting dan jenis handphone. Ada nada handphone yang hanya mengeluarkan nada Poliponik midi, ada yang berupa lagu (baik format mp3, midi atau tipe lain), ada juga nada yang lain seperti suara binatang dll

RUIM (Removable User Identifyer Mobile)
Seperti di GSM dengan SimCard, dimana handphone (tipe CDMA) dengan support RUIM tidak memerlukan sistem inject untuk penomoran.

RSMC (Reduce Sized Multimedia Card)
Salah satu jenis/tipe kartu memori

Shake control
Teknologi yang memungkinkan sebuah perangkat seperti ponsel dapat mengganti seperti wallpaper atau mengganti lagu pada saat memutar lagu mp3cukup dengan menggoyangkan ponsel

SMS (Short Message Service)
Aplikasi layanan pesan singkat/pendek. Inilah layanan yang paling popular dan fenomenal dalam dunia komunikasi selular di Indonesia.

SMS Banking
Salah satu layanan mobile perbankan hasil kerja sama antara operator selular dengan perbankan yang menggunakan fasilitas SMS untuk transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer, pembayaran (listrik, telepon dll)

Signal
Pancaran gelombang dari suatu jaringan

SIM (Subscriber Identity Module) Card
Identitas nomor berbentuk kartu yang dimasukkan pada handset handphone.

Sinkronisasi
Proses menyetarakan objek. Hal sering disetarakan adalah waktu dan data. Sinkronisasi biasa dilakukan dengan menghbungkan perangkat digital seperti handphone/PDA/MP3 player dengan komputer/laptop dengan menggunakan kabel data, infrared atau bluetooth.

Skin
Tampilan warna antarmuka dalam menu atau layar handphone

Slider
Merujuk pada bentuk/desain fisik ponsel, dimana untuk menggunakan keypad utamanya harus membuka dengan cara menggeser (biasanya ke atas) posisi penutup (berupa layar dan beberapa tombol yang ada di depan). Ponsel-ponsel yang berdesain seperti ini contohnya : Nokia N81, Philips S890, Samsung D880, Sony Ericsson W900i, Motorola RIZR Z3

Slim (Ultra Slim)
Berukuran tipis dan ringkas. Samsung terkenal banyak mengeluarkan ponsel dengan ukuran slim dan Ultra Slim seperti tipe F520, SGH X820, U-600

Smartphone
Merupakan gabungan kemampuan antara handphone dengan PDA. Syarat sebuah ponsel masuk kategori smartphone adalah ponsel tsb. harus mempunyai operating system.

Stylus Pen
Alat (berbentuk seperti ballpoint) untuk mengoperasikan handphone yang mendukung teknologi touch screen/layar sentuh.

Speaker
Pengeras suara

STN (Super Twisted Nematic)
Teknologi LCD yang mampu memproduksi tampilan menjadi berwarna

STK (Sim Tool Kit)
Spesifikasi pada SIM Card yang bertujuan agar Operator dapat menambahkan data atau fungsi ke dalam SIM Card, seperti Menu Operator, Mobile Banking, SMS Banking dan lain-lain.
Support (dukungan/mendukung),
support RUIM mendukung RUIM support data artinya mendukung layanan komunikasi data.

Screen
Layar, Display secara fisik
- Screen guard : screen protector (pelindung layar), screen saver (aplikasi pada handphone yg memungkinkan handphone akan menampilkan gambar (statis maupun bergerak) pada layar handphone, manakala handphone dalam keadaan menyala tetapi tidak sedang digunakan/idle
- Jenis Screen pada handphone : BREW/B&W (tanpa warna alias hitam putih), STN, CSTN, UBC, UFB, OLED, TFD dan TFT. Ukuran kedalaman warna seperti 4096, 65.000, 256.000 dan 16 juta warna
Symbian
Sebuah Operating System (lihat juga OS) yang biasanya banyak digunakan pada ponsel-ponsel menengah ke atas (Mid to High). sebelumnya Symbian bukan OS ponsel yang gratis, namun diawal tahun 2010 ini Symbian menjadi sebuah platform OS yang bersifat Open Source.

SU (Software Unlock)
Proses unlock dengan menggunakan software tertentu.

T9 
Aplikasi pada pesan teks yang secara otomatis menambahkan dan membuat satu kata hanya dengan menekan satu huruf saja. Predictive Text dikenal dengan istilah T9 atau iTap.

Talk Time
Lama percakapan/komunikasi suara yang dihitung berdasarkan waktu penggunaan

Tarif
Harga yang ditawarkan oleh penyedia jasa layanan komunikasi kepada pelanggannya.

Touchscreen (layar sentuh)
suatu teknologi yang memungkinkan handphone atau perangkat lain dapat bereaksi ketika kita menyentuh menu-menu yang ada pada layar tampilan.

Text Message
Pesan pesan yang berupa text/tulisan

Theme 
Kesatuan visual unik yang terdiri dari gambar latar belakang (wall paper), efek audio, icon, warna, huruf dalam sebuah aplikasi.

Trans Flash
Salah satu jenis kartu memoi dengan format flash memory dengan ukuran paling kecil saat ini dibandingkan dengan jenis katu memori lainnya.

Transfer
 Proses pemindahan data.

TFD (Thin Film Diode)
Salah satu tipe teknologi layar yang digunakan pada beberapa seri handphone Sony Ericsson seperti Z610i, K550, K610, K618

TFT (Thin Film Transistor)
Merupakan jenis layar yang paling banyak digunakan pada handphone saat ini. TFT juga disebut sebagai Active Matrix.

TV Tuner
Perangkat/alat penerima transmisi stasiun televisi. Dengan perangkat ini, handphone/PDA/laptop dapat menerima siaran televisi tanpa harus berlangganan dan tidak dikenakan pulsa sebagai mana pada faslitas mobile tv.

Twitter
Situs jejaring sosial lainnya selain facebook (lihat Facebook)

UBC (Ultra Bright Color)
Salah satu tipe teknologi layar yang digunakan beberapa seri Handphone merk Sony Ericsson seri K310i, Z530i dan K320i.

UFB (Ultra Fine Bright)
Pengembangan dari teknologi layar tipe STN/CSTN. Tidak boros energi dan tampilan lebih cemerlang. Handphone yang menggunakan layar tipe ini antara lain Samsung (X150, X660, C140, E770) dan Philips (Xenium 9@9i).

UMTS (Universal Mobile Telecommunication System)
Standar teknologi yang telah mendukung layanan komunikasi 3G di jaringan GSM.

USB (Universal Serial Bus)
Standar bus berseri untuk perangkat penghubung dari satu perangkat digital ke (biasanya) komputer/laptop. Namun seiring perkembangan teknologi, USB tidak saja menghubungkan suatu perangkat digital ke komputer/laptop tetapi juga ke perangkat lain seperti DVD Player, Mini Compo ataupun Mini Hifi Audio. Sistem USB mempuyai desain yang asimetris (dimana komunikasi dapat dilakukan secara 2 arah).

User Friendly 
Artinya kemudahan dalam penggunaan suatu perangkat.

Ultra
Menunjuk pada kemampuan atau kelebihan lain yang dimiliki suatu ponsel dibandingkan dengan ponsel lainnya yang sejenis. Misalnya ponsel Ultra Slim, berarti ponsel yang bentuk/design fisiknya lebih tipis dari ponsel sejenis lainnya.

Unlock
Proses yang dilakukan pada sebuah handset agar handset dapat digunakan sesuai dengan keinginan penggunanya. Misalnya sebuah handset yang SIMCARD nya hanya dapat digunakan oleh operator A dan tidak dapat digunakan Simcard operator lain, sementara sang pemilik ingin pindah ke operator lain umpamanya operator C, maka handset tersebut perlu di unlock untuk dapat digunakan simcard dengan operator lain

Vendor
Pihak/perusahaan yang mengadakan/menyediakan/mendistribusikan sekaligus memberikan garansi suatu produk barang/jasa dalam suatu wilayah tertentu.

VGA (Video Graphic Array)
Tingkatan resolusi gambar hasil pengembangan IBM, yang menghasilkan resolusi sampai ukuran 640 x 489 pixels

Virus
Aplikasi/program yang dapat merusak atau mengganggu perangkat digital seperti komputer, handphone yang memiliki system operasi / OS (Operating System)

Vibrate
Getar. Vibrate Alert handphone yang mempunyai fasilitas ini akan bergetar jika ada panggilan masuk, alarm, sms dll

Video Call
Fasilitas dalam berkomunikasi dalam jalur 3G yg memungkinkan seseorang dapat bertatap muka dengan lawan bicaranya. Syarat untuk melakukan video call adalah penelpon dan orang yang ditelpon harus menggunakan handpone yang sudah mendukung fasilitas 3G yaitu handphone dengan teknologi UMTS.

Video Streaming
Fitur/layanan yang memunginkan menonton video/film pada layar handphone dimana handphone hanya berfungsi sebagai alat pemutar saja sedangkan video/film tidak dapat didownload/disimpan pada handphone

Voucher
Sistem pengisian pulsa dengan nilai nominal tertentu. Terdapat 2 jenis voucher yaitu Voucher fisik dan voucher electric.

Voice Mail
Fasilitas untuk menerima pesan berupa suara ketika handphone tidak aktif, atau berada di luar jaringan, atau tidak diangkat. 

Widget
Jika di desktop (tampilan layar depan) komputer kita mengenal dengan istilah ”shortcut”, nah kumpulan shortcut ini yang ada di layar ponsel disebut dengan ”widget”.

WAP (Wireless Application Protocol)
Standar terbuka perangkat protokol komunikasi yang memungkinkan perangkat nirkabel seperti handphone dapat mengakses internet.

Wireless / Nirkabel
Tanpa kabel.

WiFi (Wireless Fidetelly)
Perangkat koneksi ke sebuah jaringan tanpa kabel dengan kecepatan tinggi. WiFi dilisensikan oleh WiFi Alliance untuk memperkenalkan teknologi dari WLAN (Wireless Local Area Network, yang beroperasi di frekuensi 2.4 GHz and 5.8 GHz).

Wallpaper
Latar belakang pada layar handphone. Wallpaper biasanya berupa gambar/photo

WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access)
Teknologi komunikasi data dengan kecepatan tinggi

WLAN
Perangkat koneksi ke sebuah jaringan tanpa kabel dengan kecepatan tinggi.

WMA (Window Media Audio) 
Adalah format audio yang dikembangkan dan dimiliki oleh Microsoft.

WAV
Adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris waveform audio format, salah satu format standar yang digunakan untuk penyimpan data suara yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM.

Windows Mobile
Salah satu operating system yang ditanamkan pada smartphone

XpressMusic
Merupakan jajaran ponsel musik dari merk ponsel Nokia. Merk ponsel lain yang mengedepankan fitur musik dalam ponselnya dan sudah dikenal sebelum XpressMusic, yaitu Walkman series milik Sony Ericsson.

You Tube
Salah satu situs video sharing yang terkenal.

Zoom
Zoom ada dua tipe yaitu 
- Optical zoom adalah kemampuan memperbesar objek gambar melibatka optik dari kamera, sedangkan 
- Digital zoom adalah kemampuan memperbesar objek gambar secara elektronik tanpa melibatkan optik kamera. 
Kebanyakan kamera pada ponsel dilengkapi Digital Zoom

2 Responses to "Kamus Istilah Istilah Dalam Ponsel"

  1. Untuk memahami sy butuh wsktu yg panjang, terima kasih aras infonya

    ReplyDelete