Pertolongan Pertama Ponsel Terendam Air

Ponsel saat ini bukan lagi barang mewah, Akan tetapi memiliki sebuah handphone sudah menjadi kewajiban dan kebutuhan yang sangat diperlukan, Mulai dari kota hingga ke pelosok desa pengguna ponsel sudah merata serta ditambah lagi penyedia jaringan operator seluler saat ini sudah mampu menjangkau sampai ke semuah wilayah di Indonesia.


Kembali ke topik permasalahan sesuai judul artike yang akan kita bahas yaitu mengatasi ponsel terendam air,  ponsel terendam air adalah hal yg sangat disayangkan, Karna ponsel terendam air akan berdampak buruk pada ponsel tersebut, Salah satunya dapat menyebabkan ponsel mati total, Ponsel layar blank, Layar ponsel tidak muncul dan masih banyak permasalahan lainnya yang disebabkan ponsel terendam air.

Akan tetapi ponsel terendam air tidak semuanya mengalami moti total, Masih banyak ponsel terendam air kembali normal dan dapat digunakan tanpa gangguan apapun setelah ponsel terendam air.

Ponsel kembali norma setelah terrendam air tergantung pada penanganan pertama yang dilakukan setelah ponsel terendam air dan posisi ponsel terendam air itu sendiri mempengaruhinya.

Supaya ponsel dapat kembali normal setelah terendam air sebaiknya lakukan penanganan pertama yang harus dilakukan disaat menemukan ponsel terendam air, seperti melepaskan baterai ponsel dan jangan sekali-kali menyalakan ponsel dampai ponsel benat-benar kering (terbebas dari Air)

Pertolongan Pertama Apabila Ponsel Terendam Air

  • lepaskan batrai ponsel.
  • Keringkan ponsel dari air yang masuk ke dalam dalam mesin ponsel, mengeringkan air yang berada di dalam ponsel dapat dilakukan dengan di jemur di bawah terik matahari, Akan tetapi yang lebih epektif sebelum dijemur lepaslah kesing ponsel, jika memungkinkan anda bisa melepas mesin ponsel dari body ponsel itu lebih epektif karna air yg masuk ke bawak IC dapat benar-benar kering.
  • Setelah ponsel benar-benar kering barulah ponsel dinyalakan.
  • Jika ponsel tidak bisa nyala coba ganti baterai lain karna air bisa menyebabkan batrai ponsel ikut rusak (jika batrai ponsel terendam jemurlah kira-kira tiga jam di bawah terik matahari, setelah itu coba di charger) Mudah-mudahan ponsel sudah nyala dan berada pada kondisi normal kembali.

Beberapa trick mengatasi kerusakan ponsel kecebur air

  1. Ponsel nyala bisa buat nelpon atau ada yang telpon tapi LCD blank putih atau LCD tidak nyala bisa disebabkan LCD ponsel rusak karna air, Untuk permasalahan tersebut Anda dapat mengganti lcd ponsel menggunakan LCD baru, Jika permasalahan masih sama kemungkinan kerusakan berada pada conector lcd dan bisa juga disebabkan jalur ke LCD ponsel teputus.
  2. Ponsel nyala akan tapi nada dering dan musik tidak bunyi, Permasalaha seperti ini disebabkan speker pada ponsel rusak, Solusinya dengan cara ganti speker ponsel menggunakan speaker (Bazzer), jika masih belum bisa kemungkinan jalur speker terputus.
  3. Ponsel nyala akan tetapi disaat buat telpon suara kita tidak dapat didengan oleh lawan bicara, kerusakan terjadi pada MIC ponsel, solusinya ganti MIC ponsel.

NB : Antara Ponsel tercebur dan Ponsel terendam itu berbeda, Ponsel tercebur air biasanya terjadi dalam waktu singkat, Jika Ponsel terendam air biasanya terjadi dalam rentang waktu yang lumayan lama, Penanganan antara Ponsel tercebur dan Ponsel terendam air berbeda cara penanganannya.

Jika Ponsel tercebur air biasanya kerusakan tidak terlalu parah, jika ponsel tercebur lalu diangkat dan di keringkan biasanya Ponsel dapat normal kembali.

Jika Ponsel terendam kedalam air bisa menyebabkan mesin ponsel karatan dan penanganannya harus di bersihkan mesin ponsel dengan cairan thinner, dengan cara disikat dengan kuas di sela-sela IC ponsel yang berkarat atau berlumut

0 Response to "Pertolongan Pertama Ponsel Terendam Air"

Post a Comment