Mengatasi Susah Masuk Recovery Mode Samsung Galaxy

Recovery mode/ Android Recovery merupakan sebuah menu yang dapat digunakan untuk pemulihan software Samsung Galaxy, dari menu recovery mode pengguna Samsung Galaxy dapat melakukan wipe data/factory reset untuk memulihkan Samsung Galaxy ke setelan pabrik yang tidak dapat dilakukan dari menu Setelan di Samsung Galaxy.


Untuk masuk ke menu recovery/Android recovery Samsung Galaxy pada umumnya dengan menggunakan tiga tombol seperti tombol Volume Up (Untuk menambah volume), Tombol Home (Tombol yang berada dibawah layar), Tombol Power (Tombol switch ON/OFF).

Akan tetapi setelah menekan ketiga tombol tersebut, Pengguna Samsung Galaxy masih tidak dapat masuk ke menu recovery mode, Samsung Galaxy langsung menyala atau Samsung Galaxy malah reboot terus menerus.

Permasalahan tidak bisa masuk ke recovery mode ini merupakan permasalahan yang umum dialami pengguna Samsung Galaxy disaat ingin masuk ke recovery mode di Samsung Galaxy, Samsung Galaxy malah reboot atau Samsung Galaxy langsung nyala dan masu ke menu home.

Pada artikel ini kami ingin berbagai pengalaman cara masuk ke recovery Samsung Galaxy yang membandel atau trik mudah cara masuk ke recovery Samsung Galaxy.

Penyebab Samsung Galaxy tidak isa masuk ke recovery mode.

yang perlu Anda perhatikan supaya dapat masuk ke menu recovery mode di Samsung Galaxy yaitu pastikan ketiga tombol kombinas yang digunakan (Volume Up, Home dan Power dalam keadaan normal/masih berfungsi)

Jika salah satu tombol ini tidak berfungsi dengan baik, tentunya Samsung Galaxy tidak akan dapat masuk ke menu recovery mode.

Permasalahan jika tombol Volume Up dan Home tidak berfungsi, disaat ingin masuk ke recovery mode di Samsung Galaxy, Samsung Galaxy akan langsung masuk ke menu home atau Samsung Galaxy akan restart dan restart lagi.

Sebaiknya pastikan ketiga tombol volume, Home dan Power masih berfungsi dengan baik supaya dapat dengan mudah masuk ke recovery Samsung Galaxy.

Cara mudah masuk ke recovery mode Samsung Galaxy yang membandel.

Sering juga kami alami permasalahan seperti ini, Samsung Galaxy tidak langsung masuk ke menu recovery disaat menekan ketiga tombol Volume Up, Home dan Power, yang perlu diperhatikan yaitu cara menekan ketiga tombol tersebut.

Cara menekan tombol kombinasi untuk masuk ke recovery Samsung Galaxy.

Cara menekan ketiga tombol Volume, Home dan Power harus tepat urutannya, yang perlu diperhatikan Tombol Power harus ditekan terakhir kali setelah menekan tombol Volume Up dan Home.

Permasalahan juga muncul setelah menekan ketiga tombol sesuai dengan urutannya, Samsung Galaxy tidak ada respon sama sekali, Samsung Galaxy langsung nyala atau Samsung Galaxy malah restart.

Mengatasi Samsung Galaxy tidak masuk ke menu recovery setelah tekan tombol Volume Up, Home dan Power

1). Samsung Galaxy restart setelah menekan tombol Volume Up, Home dan Power
Samsung Galaxy restart setelah menekan tombol Volume Up, Home dan Power, Begini cara mengatasinya.

Cara mengatasinya: Tekan tombol Volume Up, Setelah itu tekan tombol Home dan tekan tombol power, Setelah bergetar atau setelah muncul Logo samsung galaxy lepas tombol Power, Tombol Volume Up dan Home tetap ditekan sampai Samsung Galaxy masuk ke menu recovery, (Anda dapat melepas ketiga tombol setelah muncul logo Samsung Galaxy)

2).Samsung Galaxy tidak Ada respon setelah menekan tombol Volume Up, Home dan Power
Samsung Galaxy tidak Ada respon setelah menekan tombol Volume Up, Home dan Power, Sering kali kami mengalami permasalahn seperti ini, seperti pada Samsung Galaxy J1, Samsung Galaxy J1 disaat menekan ketiga tombol untuk masuk ke recovery mode, Samsung Galaxy J1 seakan tidak merespon, Sering kami perhatikan untuk masuk ke recovery mode Samsung Galaxy J1 memang agak lama menekan ketiga tombol Volume Up, Home dan Power (Kurang lebih hampir satu menit).

Cara mengatasinya : Tekan aja ketiga tombol Volume Up, Home dan Power sampai Samsung Galaxy bergetar atau muncul logo Samsung Galaxy dan lepas tombol power, Jika Anda masih tidak dapat masuk ke recovery Samsung Galaxy, Silahkan lihat trik No 3 dibawah ini.

3). Setelah kedua cara diatas Samsung Galaxy masih membandel dan tidak bisa masuk ke recover mode, Cara mengatasi permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara melakukan restart Samsung Galaxy.

Caranya yaitu dengan melakukan restart, Cara ini dapat dilakukan jika Samsung Galaxy masih dapat masuk ke menu home,  Tekan dan tahan tombol power sampai muncul pilihan Power off, Restart. Selanjutnya pilih restart, Setelah itu tekan dan tahan tombol Volume Up dan Home, Samsung Galaxy akan masuk ke menu recovery mode.


4). Cara keempat ini hampir sama dengan cara No 3, yaitu dngan melakukan restart, perbedaannya terletak pada proses restart yang dilakukan dari Download mode, cara ini digunakan jika Samsung Galaxy tidak dapat masuk ke menu home seperti Samsung Galaxy hang logo, Samsung Galaxy botloop, dll.

Caranya:  Sebelum masuk ke recovery mode Samsung Galaxy, Anda harus masuk ke Download mode Samsung Galaxy dengan cara tekan tombol Volume Down + Home + Power, Setelah muncul WARNING!! disana Anda akan menemukan dua pilihan Volume Up : Countinue dan Volume Down : Cance (Restart phone). Inilah yang akan kita gunakan supaya dapat dengan mudah masuk ke recovery Samsung Galaxy. yaitu dengan cara pilih Cancel (Restart phone ) dengan cara tekan tombol Volume Down, Selanjutnya Anda harus dengan cepat menekan tombol Volume Up + Home. Samsung Galaxy akan masuk ke recovery mode.

Mengatasi Susah Masuk Recovery Mode Samsung Galaxy

Setelah ketiga cara mengatasi Samsung Galaxy tidak dapat masuk ke recovery diatas Anda coba, Poin penting yang perlu diperhatikan yaitu pastikan Tombol Volume Up dan Home masih berfungsi dengan baik, Jika tombol Volume Up dan Home berfungsi dengan baik, Mudah mudahan Anda tidak akan kesulitan masuk ke recovery Samsung Galaxy.

Setelah semua cara diatas Anda lakukan dengan benar dan ketiga tombol Volume Up, Home dan Power berfungsi dengan baik, Samsung Galaxy masih tidak dapat masuk ke recovery, Permasalahan tersebut dapat disebabkan kerusakan hardware di Samsung Galaxy maupun kerusakan lainnya.

Satu lai dari kami, Pastikan juga tombol Volume Down tidak konslet, Jika tombol Volume Down konslet, disaat Anda menekan Volume Up, Home dan Power hasilnya akan jadi empat tombol yang Anda tekan, Sehingga Anda tidak dapat masuk ke recovery Samsung Galaxy.

Jangan lupa Samsung Galaxy harus dalam kondisi OFF dan pastikan daya baterai masih mencukupi melakukan proses-proses yang Anda lakukan di menu recovery Samsung Galaxy, Seperti melakukan wipe data/factory reset, terakhir memilih Reboot system now, Anda perlu beberapa saat untuk menunggu penyelesaian booting Samsung Galaxy.

Sekianlah tips dari kami cara mengatasi Samsung Galaxy tidak dapat masuk ke recovery mode atau Adndroid recover Samsung Galaxy,

2 Responses to "Mengatasi Susah Masuk Recovery Mode Samsung Galaxy"

  1. Sdh saya coba gan tidak bisa. Hanya bisa masuk ke download mode. Galaxy core 2 nya sdh saya flash ulang, tp setelah restart hanya sampe di logo aja.
    Ada solusi kh gan >\?

    ReplyDelete
  2. jika tombol home-nya rusak bagaimana? apakah masih bisa masuk menu recovery?

    ReplyDelete