Pengertian BIS dan BES pada BlackBerry

Apakah anda pengguna BlackBerry ? Apakah anda pernah mendengar istilah BlackBerry Internet Service (BIS) dan BlackBerry EnterpriseService (BES) dan apakah perbedaan BIS dan BES? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Pengertian BIS dan BES pada Blackberry

BlackBerry Internet Service (BIS)

BlackBerry Internet Service (BIS) adalah layanan yang menyediakan akses ke jaringan internet di perangkat BlackBerry ,  BlackBerry Internet Service ini di khususkan untuk pengguna secara umum atau untuk semua pengguna perangkat BlackBerry , dengan menggunakan BlackBerry Internet Service pengguna BlackBerry dapat mengirim dan menerima Email pribadi, BBM dan pengguna BlackBerry dapat mengakses internet dari perangkat mereka.

Untuk kontrol BlackBerry Internet Service (BIS) sepenuhya dipegang oleh pengguna. apabila terdapat batasan dalam penggunaannya, batasan itu dibuat oleh ISP atau operator selluler pengguna BlackBerry dan pihak operator juga yang menentukan tingkat keamanan dari server ke perangkat BlackBerry pengguna melalui enkripsi data, Blackberry Internet Service mempunyai tingkat keamanan yang rendah karena proses security datanya hanyalah sebatas program enkripsi data dan tidak ada ada fitur seperti remote locking atau remote wiping.

BlackBerry EnterpriseService (BES)

BlackBerry Enterprise Server adalah layanan yang menyediakan akses ke jaringan internal, layaa BlackBerry Enterprise Service ini di khususkan untuk perusahaan (menengah sampai besar). Perusahaan ini biasanya menggunakan sistem seperti Lotus Notes, Microsoft Exchange.

Untuk kontrol BlackBerry Enterprise Service pada server BES dikontrol oleh perusahaan, Untuk tingkat keamanan, BES mempunyai tingkat keamanan yang cukup tinggi, sehingga kemungkinan pembajakan data sangat kecil dan dalam BES ada fitur remote, dalam artian kita bisa menghapus data ataupun mengunci BlackBerry dari jauh seperti terjadi sesuatu yang tidak di inginkan seperti BlackBerry hilang atau dicuri.

Server BES perusahaan dapat melakukan instalasi aplikasi hanya dengan satu kali instalasi aplikasi untuk semua perangkat BlackBerry karyawan perusahaan, Server BES juga memiliki otoritas untuk menghapus seluruh data atau mengunci perangkat BlackBerry yang berada pada jaringan servernya.

0 Response to "Pengertian BIS dan BES pada BlackBerry "

Post a Comment