Cara Mengetahui Sisa Memori Penyimpanan Android

Pada artikel kali ini kami ingin share tips cara mudah mengetahui sisa memori penyimpanan di Android baik itu memori penyimpanan internal (telepon) maupun eksternal (kartu SD), Ruang penyimpanan Android pada umumnya memiliki dua ruang penyimpanan Internal dan eksternal.

Cara Mengetahui Sisa Memori Penyimpanan Android
Apakah itu ruang penyimpanan Internal?... Ruang penyimpanan internal ialah ruang penyimpanan yang telah disediakan langsung di smartphone Android (Sering juga kami mendengar penyimpanan internal dengan istilah memori bawaan handphone) yang dapat digunakan untuk penyimpanan data misalnya Aplikasi, Game, Video, Foto, dan lain sebagainya.

Ruang penyimpanan internal tidak dapat diubah, Untuk itu kita perlu menggunakan memiri eksternal untuk menambah penyimpanan data jika ruang penyimpanan internal masih belum mencukupi.

Apakah itu ruang penyimpanan Eksternal?... Ruang penyimpanan eksternal ialahan ruang penyimpanan (berbentuk chip memori) yang dapat Anda tambahan di smartphone Android, untuk menambah kapasitas penyimpanan di Android, Memori eksternal memiliki kapasitas penyimpanan mulai dari ukuran penyimpanan 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64,GB.

Untuk ukuran 2GB dan 4GB pada saat ini sepertinya mulai tersingkirkan mengingat resolusi foto smartphone Android yang memiliki ukuran besar, sehingga memori penyimpanan ini spertinya kurang cocok untuk smartphone kelas menengah keatas.

Memory Penyimpanan adalah sebuah media yang selalu Anda gunakan untuk penyimpanan file dan data smartphone Android seperti: Music, Video, foto, Dokumen, Aplikasi, Game dan lain sebagainya baik di memori internal maupun di memori eksternal Micro SD di android.

Memori penyimpanan wajib dibersihkan

Anda pengguna smartphone Android kami sarankan untuk selalu membersihkan memori internal maupun eksternal, tanpa Anda sadari memori penyimpanan internal dan eksternal secara otomatis akan dipenuhi oleh file-file yang tidak Anda butuhkan (file sampah).

File sampah ini berasal dari data Aplikasi, Game, Browsing dan lain sebagainya yang akan memenuhi media penyimpanan di Android, Untuk itu kami sarankan Anda untuk selalu menjaga media penyimpanan ini atau menghapus file sampa tersebut.

Apabila memory penyimpanan Anda terlalu penuh oleh file-file dan Aplikasi yang tidak dibutuhkan, tentunya akan menyebabkan Storage space running out, Tidak ada ruang lagi untuk menyimpan, Jika permasalahan seperti ini terjadi dapat membuat kinerja Android mengalami penurunan performa, Android tidak dapat digunakan untuk melakukan instal Aplikasi, Game, ambil foto, Vide dan lain sebagainya. Cara mengatasi permasalahan storage space running out Anda dapat membersihkan file dari media penyimpanan yang menyebabkan storage space running out.

Cara mengetahui memori torage space running out

Dalam beberapa kasus storage space running out di Android, Banyak pengguna smartphone Android setelah menghapus beberapa file seperti Vide, Mp3 permasalahan storage space running out belum teratasi.

Permasalahan storage space running out ini sebenarnya Anda kurang memahami memori yang manakah mengalami storage space running out, Jika memori internal mengalami storage space running out dan Anda membersihkan memori eksternal, tentunya permasalahan storage space running out tidak akan teratasi.

Inilah permasalahan sering kali kami jumpai pengguna Android yang mengalami storage space running out di memori internal, Akan tetapi yang dibersihkan atau di hapus file dan data dari ruang penyimpanan eksternal.

Storage space running out dapat menyebabkan

  1. Peforma Android akan melambat (Lemot, Lelet)
  2. Tidak dapat instal Aplikasi
  3. Tidak dapat instal Game
  4. Tidak dapat menerima kiriman bluetooth
  5. Tidak bisa Buka Aplikasi dan Game
  6. dan masih banyak lagi permasalahan yang akan muncul jika storage space running out tidak cepat ditangani akan menyebabkan permasalahan serius seperti Android botloop, Android hang logo.

Untuk itu Anda pengguna Android harus mengetahui cara cek sisa ruang penyimpanan internal maupun eksternal, ruang penyimpanan yang manakah kapasitas penyimpanannya sudah sudah banyak digunakan, dengan ini Anda dapat membagi ruang penyimpanan di Android atau dengan menambahkan lagi kapasitas ruang penyimanan eksternal yang lebih besar lagi supaya dapat menampung kebutuhan ruang penyimpanan di Android Anda.

Dengan mengetahui status pemakaian memory penyimpanan internal dan eksternal pada perangkat Android, tentu Anda dapat mengantisipasi jika ruang penyimpanan Android sudah mendekati daya tampungnya, Misalnya dengan Uninstal Aplikasi dan Game yang tidak dibutuhkan atau menghapus file-file yang tidak penting, Sehingga Android anda akan selalu berada dalam kondisi dan performa yang baik.

Cara mengetahui sisa penyimpanan Android

  1. Masuk ke menu setelan atau pengaturan di Android
  2. Pilih Stroge atau Penyimpanan
  3. dari sana Anda dapat menemukan kapasitas ruang penyimpanan Internal dan ruang penyimpanan Eksternal (jika ruang penyimpanan eksternal telah Anda tambahkan).

dari ruang penyimpanan Android Anda dapat melakukan pengolahan file seperti Aplikasi dan game dan dapat juga menemukan ruang penyimpanan yang tersedia, Sisa ruang penyimpanan Android, dan lain sebagainya.

Cara mengetahui ruang penyimpanan Vivo dapat diilakukan dengan cara masuk ke Menu Pengaturan → Pengaturan lainnya → Penyimpanan

Cara mengetahui ruang penyimpanan Lenovo dengan masuk ke menu Pengaturan → Penyimpanan

Intinya buat Anda pengguna Android dan ingin mengetahui kaasitas ruang penyimpanan Android dan sisa ruang penyimpanan Android Anda dapat masuk ke menu setelan selanjutnya cari menu Penyimpanan.

1 Response to "Cara Mengetahui Sisa Memori Penyimpanan Android "