Pengertian ROOT dan Fungsi ROOT pada Android

Apakah itu Root? Root adalah sebuah system akun yang memungkinkan pengguna dapat mengatur, menghapus dan menambah sesuatu pada operasi system Android.
Fungsi Root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. 

Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau Data dan Aplikasi yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar atau (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows,,fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna. 

Kelebihan Root pada Smartphone Android 

1. Anda dapat akses menghapus aplikasi yang di-install di memori internal 
aplikasi di smartphone Android yang Anda rasa tidak berguna dapat Anda hapus dari sistem, dengan begitu dapat menghemat penggunaan memori utama di smartphone android.  
Peringatan! jangan hapus aplikasi penting seperti Phone.apk karena aplikasi tersebut merupakan aplikasi standard dan penting dari Android, jika anda hapus akan terjadinya bootloop pada android anda.

2. Anda dapat dengan leluasa dalam pengaturan penyimpanan data di memori.
Pengaturan dalam menyimpan aplikasi yang di Android Anda pun akan terasa lebih fleksibel.  Anda dapat mememindahkan data dan aplikasi yang tadinya tersimpan di memori internal android anda ke memori exsternal,dan begitu juga sebaliknya, sehingga Anda dapat mengatur penggunaan memori yang terbatas sesuai dengan keinginan Anda.


Kekurangan Root pada Smartphone Android:

1. Dapat menghilangkan garansi handphone 
Jika Android Anda sudah di root, maka garansi yang ada di smartphone Android akan hilang. Hal ini berlaku hampir pada semua vendor-vendor smarpthone Android, jika Android Anda ketahuan sudah di root, maka jika terjadi kerusakan / kegagalan sistem, maka vendor / distributor tidak akan mau menerima garansi yang sebenarnya masih berlaku. 

2. Dapat menyebabkan kerusakan pada sistem Android
Proses Root pada Android dapat menyebabkan android anda mengalami gangguan, diantaranya: ponsel sering mati dan reboot ulang sendiri, sering ‘hang’ di saat menjalankan aplikasi tertentu, kinerja hardware malah semakin buruk, dan yang paling parah adalah terjadinya bootloop, yaitu sistem Android Anda tidak mau di boot! Jika ponsel Anda tidak mau boot atau tidak normal, cara terbaik menanganinya adalah melakukan flashing pada Android anda. 


0 Response to "Pengertian ROOT dan Fungsi ROOT pada Android"

Post a Comment